Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anjing juga Bisa Merasa Cemburu dengan Saingannya

KOMPAS.com - Anjing yang kita pelihara tentu saja mencintai kita. Namun, tahukah bahwa anjing dapat menunjukkan efek negatif dari cinta yang dalam, seperti kecemburuan?

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Psychological Science menemukan bahwa anjing akan menunjukkan kecemburuan, bahkan ketika membayangkan pemiliknya berinteraksi dengan anjing lain.

Dalam penelitian, para peneliti menempatkan 18 anjing ke dalam situasi di mana pemiliknya berinteraksi dengan anjing palsu atau sebuah tabung silinder berbulu.

Tabung silinder berbulu memiliki fungsi sebagai kontrol, sedangkan anjing palsu sebagai saingan.

Nah, dari situ, terlihat anjing-anjing mulai mengawasi anjing palsu yang ditempatkan di sebelah pemiliknya.

Kemudian, anjing-anjing itu berontak dengan kuat ketika pemiliknya tampak membelai anjing palsu.

Hewan tersebut juga menarik pemiliknya ketika mereka mengelus tabung silinder berbulu, walau tidak sekuat ketika pemiliknya dekat dengan anjing palsu.

"Penelitian mendukung apa yang diyakini oleh banyak pemilik anjing, bahwa anjing akan menunjukkan perilaku cemburu ketika pemiliknya berinteraksi dengan saingannya."

Demikian penuturan Amalia Bastos dari University of Auckland di Selandia Baru, yang merupakan penulis utama studi tersebut.

Sebuah studi baru juga mengungkapkan bahwa anjing adalah salah satu dari sedikit spesies yang menunjukkan perilaku cemburu dengan cara seperti yang dilakukan anak-anak ketika ibunya memberikan kasih sayang kepada anak lain.

Pada manusia, kecemburuan terkait erat dengan kesadaran diri, yang merupakan salah satu alasan peneliti sangat tertarik mempelajari kecemburuan dan emosi pada hewan.

Awalnya, Bartos mengatakan, terlalu dini untuk menyimpulkan bahwa anjing mengalami kecemburuan seperti manusia.

Tetapi, sekarang jelas bahwa anjing dapat bereaksi terhadap situasi yang memicu kecemburuan, bahkan jika ini terjadi di luar pandangan.

Sebuah studi tahun 2014 di University of California di San Diego menemukan, bahwa anak anjing menjadi gelisah ketika pemiliknya menunjukkan kasih sayang kepada boneka anjing yang telah direkayasa untuk menggonggong, merengek, dan mengibas-ngibaskan ekornya.

Kecemburuan ini hanya muncul ketika pemilik memerhatikan boneka anjing dan bukan ketika mereka sibuk dengan benda-benda yang acak.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/19/113430920/anjing-juga-bisa-merasa-cemburu-dengan-saingannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke