Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makanan yang Perlu Dipantang untuk Kurangi Ketombe

KOMPAS.com – Kita adalah apa yang kita makan. Nasihat ini sangat tepat untuk menggambarkan bahwa kondisi tubuh tergantung dari apa yang kita asup.

Begitu pula dengan kesehatan rambut dan kulit kepala, salah satunya permasalahan ketombe. 

Walaupun belum ada riset khusus yang mendukung tentang ini, tetapi beberapa ahli menyarankan pentingnya mengubah pola makan untuk memperbaiki kondisi kulit kepala yang berketombe.

Secara umum, penyebab ketombe adalah terlalu banyaknya minyak di kulit kepala, yang menyebabkan sel-sel kulit menumpuk dan kemudian mengelupas.

Seringkali, jamur yang disebut Malassezia yang hidup di kulit kepala, memicu ketombe karena menyebabkan sel-sel kulit berkembang biak lebih cepat dari biasanya.

Untuk menghindari dan menguranginya, kamu perlu menjaga asupan makanan. Yang baik untuk tubuh secara umum, pasti berdampak pada kesehatan kulit dan rambut.

Melansir The Health Site, berikut ini adalah makanan yang perlu dibatasi untuk mencegah mau pun mengurangi ketombe:

1. Gula 

Mengurangi asupan gula dapat menurunkan peradangan dan meminimalkan munculnya ketombe.

Diet tinggi gula dan makanan olahan dapat menyebabkan lonjakan insulin, yang pada gilirannya memicu produksi minyak, mengakibatkan kulit kepala tidak sehat, kering, dan bersisik.

Konsumsi gula yang berlebihan juga dapat meningkatkan peradangan di tubuh yang dapat meningkatkan flare ketombe. Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi asupan gula untuk mengurangi efek sampingnya.

2. Produk turunan susu berlemak

Jika kamu berketombe, cobalah untuk menghindari makanan seperti keju, pizza dengan keju, sandwich keju, dan makanan dari produk susu yang penuh lemak lainnya.

Produk susu berlemak, terutama keju, dapat memperburuk permasalahan ketombe. Hal ini karena keju sulit dicerna sehingga dapat menyebabkan peradangan tubuh yang selanjutnya dapat memicu timbulnya ketombe.

3. Kafein 

Minum kopi  memang dapat membantu mengurangi rasa mengantuk di tempat kerja. Tetapi asupan kafein yang berlebihan dapat membuat permasalahan ketombe makin parah.

Hal ini dikarenakan, kafein bersifat diuretik, artinya dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan air.

Lalu, terlalu banyak mengeluarkan air dari tubuh dapat menyebabkan kulit kering, yang dapat menyebabkan pengelupasan pada kulit kepala yang mirip dengan ketombe.

Tak hanya menghindari kafein yang ada dalam kopi saja, tetapi kamu juga perlu bahwa kafein juga ada pada teh, soda, dan minuman berenergi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/26/160738420/makanan-yang-perlu-dipantang-untuk-kurangi-ketombe

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke