Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lihat Keindahan 4 Arloji Jaeger-LeCoultre Bermotif Bunga

KOMPAS.com - Jaeger-LeCoultre dikenal sebagai pembuat arloji yang indah baik secara tampilan luar maupun pada mesinnya yang komplek.

Kali ini, kepiawaian pembuatan arloji itu diperlihatkan lagi dalam seni dekorasi pada seri ikonik Reverso.

Jaeger-LeCoultre mengenalkan empat varian dari arloji Reverso yang diberi nama Reverso One Precious Flowers.

Keempat arloji tersebut tidak hanya terlihat apik, melainkan juga memadukan berbagai unsur artistik seperti pemberian enamel, ukiran, serta batu permata.

Alhasil, karya yang dibuat oleh tim pengrajin Jaeger-LeCoultre itu tampak fresh dan tentu saja, mewah.

Dua model Reverso One Precious Flowers hadir dalam balutan white gold, dan dua lagi mendapat warna pink gold.

Selain itu, casing depan masing-masing arloji diselimuti batu permata, dan di keempat sudut bagian dial, terdapat kurungan atau bracket berwarna keemasan di dekat angka 1, 5, 7, dan 11.

Para pengrajin mengerjakan empat arloji ini dengan teliti selama berbulan-bulan.

Mereka harus melakukan pengerjaan sesuai urutan, mulai dari membuat ukiran dan enamel yang membutuhkan banyak lapisan pigmen agar tampilan dan nuansa visual arloji menjadi kaya.

Setelah proses coating, enamel harus dibakar guna menghasilkan warna yang sudah ditentukan. Dan proses ini memakan waktu berhari-hari.

Sebagai pelengkap, bagian background arloji akan didekorasi para pengrajin dengan pernis, batu mutiara, atau berlian, tergantung modelnya.

Hadir dalam empat varian

Varian yang pertama adalah White Lilies dengan casing berwarna white gold, yang melambangkan kemurnian, pengabdian, dan kehormatan.

Bagian casing belakang diukir dengan tangan untuk menghadirkan desain bunga yang meniru tekstur kelopak bunga lili dengan detail halus.

Akan tetapi, warna daunnya dibuat kontras, di mana tim pengrajin Jaeger-LeCoultre menerapkan warna biru pada daun dan biru muda pada benang sari.

Sebanyak 335 batu berlian 2,44 karat yang memiliki motif grain (butiran) menghiasi seluruh bagian casing, mulai dari depan dan belakang, termasuk crown atau kenop pemutar jam.

Bagian casing yang berwarna dasar hitam pada arloji ini ditambahkan bunga dengan gradasi merah jambu, sedangkan dedaunannya dihiasi berlian putih.

Sama seperti versi White Lilies, Pink Arums juga dibalut butiran berlian pada bagian depan dan belakang, serta penggunaan berlian yang dipasang terbalik pada crown atau kenop jam.

Bedanya, jumlah berlian di arloji Pink Arums lebih banyak, yaitu 409 potong berlian dengan ukuran total 2,59 karat.

Purple Arums dengan casing berwarna pink gold melambangkan pesona dan gairah, sedangkan Blue Arums dengan casing white gold melambangkan keanggunan dan kehalusan.

Pada kedua arloji ini, penerapan enamel terlihat di bagian bunga dan daun, serta disempurnakan dengan batu berlian sebagai latar belakang.

Untuk meletakkan batu berlian pada kedua arloji tidaklah mudah, karena para pengrajin membutuhkan total waktu selama 95 jam.

Desain bunga "membungkus" casing dengan mulus, dari bagian belakang hingga bezel. Dari sini, kita dapat melihat betapa rumitnya proses yang dilalui tim pengrajin di Jaeger-LeCoultre dalam pembuatan arloji tersebut.

Kesamaan lainnya terletak pada mesin yang disematkan. Jaeger Le-Coultre mengembangkan mesin manual Calibre 846 secara khusus untuk arloji Reverso One Precious Flowers.

Mesin dengan bentuk persegi tersebut menawarkan cadangan daya selama 38 jam.

Jika ingin mendapatkannya, maka kamu harus bergerak cepat. Sebab, setiap varian Reverso One Precious Flowers hanya dibuat sebanyak 10 buah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/03/114629620/lihat-keindahan-4-arloji-jaeger-lecoultre-bermotif-bunga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke