Salin Artikel

5 Alasan Anjing Makan Kotorannya Sendiri

KOMPAS.com - Kita umumnya akan merasa jijik dan kaget ketika melihat hewan peliharaan melakukan suatu hal yang aneh, yakni makani kotoran sendiri.

Melansir Treehugger, sekitar 16% anjing memakan kotorannya sendiri atau kotoran anjing lain secara teratur, dan 23% terlihat makan kotoran setidaknya sekali.

Fenomena anjing makan kotorannya sendiri ini didasari oleh dua teori. Teori pertama menyatakan bahwa coprophagia atau konsumsi feses adalah perilaku yang terkait dengan perkembangan dan keadaan lingkungannya.

Lalu teori kedua mengatakan bahwa penyebabnya adalah perilaku evolusi yang diturunkan dari nenek moyang anjing yaitu srigala, yang memakan kotorannya sendiri untuk menghindari parasit usus masuk ke dalam sarangnya.

Perilaku anjing ini dapat terjadi karena beberapa faktor seperti usia, ras, dan keadaan hidupnya. Secara umum, inilah alasan anjing memakan kotorannya sendiri:

1. Masalah medis

Jika anjing kamu tidak menyerap nutrisi dengan benar atau menerima pola makan yang buruk, si anjing mungkin akan beralih mengonsumsi kotorannya.

Beberapa masalah medis dapat menyebabkan kotoran anjing mengandung makanan yang tidak tercerna.

Jika ini terjadi, si anjing mungkin akan memakan kotorannya hanya karena baunya yang mirip makanan. Anjing juga dapat menjadi coprophagia sebagai akibat dari parasit.

Jika kamu melihat perilaku ini terjadi pada anjing peliharaan, atau jika anjing makan banyak tetapi tetap lapar, ada baiknya untuk mengkonsultasikan ini ke dokter hewan.

2. Stres 

Stres pada anjing dapat menyebabkan coprophagia. Anjing yang tinggal di tempat yang sangat terbatas atau terisolasi lebih cenderung memakan kotoran daripada mereka yang memiliki lebih banyak kebebasan.

Hal ini terutama berlaku untuk anjing yang menghabiskan banyak waktu di tempat penampungan, diabaikan, atau dibiarkan liar di jalanan.

Selain itu, jika seekor anjing takut dihukum karena buang air di dalam rumah, ia mungkin memakan kotorannya sebagai cara untuk menyembunyikannya.

Ini seakan seperti konsekuensi dari kesalahan yang telah dibuat anjing, dan membuat anjing merasa takut dan cemas.

3. Kasih ibu

Anak anjing sangat rentan terhadap coprophagia; karena baru mulai menjelajahi dunia, sehingga semuanya seakan menarik.

Selain itu, anak anjing yang sedang menyusui tertarik pada bau induknya, dan yang sangat menonjol adalah bau kotorannya.

Induk anjing juga biasanya membersihkan anak anjingnya dengan lidahnya, yang berarti napasnya berbau seperti kotoran. Tak heran jika kotoran induknya dapat menarik perhatian si anak anjing.

4. Minta diperhatikan

Terkadang, yang diinginkan semua anjing adalah perhatian. Jika anjing berniat membuat kamu memperhatikannya, ia mungkin akan memakan kotorannya untuk mengirim pesan yang berarti "lihatlah aku".

Anjing memang akan melakukan apa pun demi mendapatkan perhatian atau apa pun yang dimau.

5. Lokasi dan akses tempat makan

Jika mangkuk makanan anjing kamu berada di dekat tempat buang kotoran, ia mungkin belajar untuk mengasosiasikan makan dengan bau kotorannya.

Selain itu, jika anjing harus bersaing untuk mendapatkan makanan dengan anjing lainnya, ia mungkin menggunakan coprophagia sebagai salah satu caranya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/03/132903920/5-alasan-anjing-makan-kotorannya-sendiri

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.