Salin Artikel

Manfaat "Rutinitas dan Pengulangan" dalam Mendidik Anak

KOMPAS.com - Mendidik anak untuk menjadi individu yang cerdas maupun percaya diri bisa dilakukan dengan membuat rutinitas dan pengulangan. 

Melalui cara ini, kita sebagai orangtua dapat menciptakan stabilitas dalam "dunia yang berputar cepat" sehingga anak-anak bisa tumbuh lebih bahagia dan sehat.

Selain itu, menciptakan rutinitas yang konsisten sangat membantu ketika anak-anak masih kecil. Jika kebiasaan ini dilakukan sejak dini, akan bermanfaat ketika merka tumbuh. Misalnya anak jadi tahu apa yang seharusnya dilakukan.

Pada orangtua yang keduanya bekerja, memiliki jadwal harian dalam keluarga juga sangat membantu menciptakan momen berkualitas bersama anak-anak.

Bahkan, rutinitas harian terbukti dapat membantu mengatasi masalah perilaku dan membuat perubahan harian agar lebih dapat diprediksi.

Hidup teratur

Menciptakan jadwal dalam kehidupan sehari-hari seharusnya menjadi prioritas supaya segalanya lebih teratur dan orangtua juga tidak stres dengan kejutan yang mungkin tidak diinginkan.

Contoh rutinitas misalnya waktu bangun tidur, waktu makan, kapan bermain dan berapa lama, kapan beribadah, dan sebagainya. Meski begitu, pastikan jadwal anak tidak terlalu padat yang terpenting garis besarnya jelas dan dilakukan berulang-ulang.

Rutinitas juga membuat pagi hari menjadi lebih mudah, terutama karena kita dan anak-anak harus memulai aktivitas masing-masing dengan tepat waktu.

Nah, seiring bertambahnya usia anak-anak, rutinitas dan pengulangan akan tumbuh bersama dengan mereka. Karena sampai anak-anak dewasa, hidup mereka akan terus terorganisir.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/21/191656820/manfaat-rutinitas-dan-pengulangan-dalam-mendidik-anak

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.