Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Kebiasaan Sehat bagi Pria yang Sedang Program Punya Anak

KOMPAS.com - Sampai saat ini kebanyakan studi kesuburan hanya melihat bagaimana upaya wanita untuk meningkatkan peluang memiliki bayi yang sehat.

Tetapi tidak banyak yang menyadari bahwa apa yang dilakukan pria ternyata juga dapat berpengaruh besar ketika pasangan suami-istri sedang program kehamilan.

Penelitian terbaru dari organisasi nirlaba yang bergerak di bidang kehamilan Tommy's menemukan bahwa masih banyak wanita yang memiliki kebiasaan tidak sehat saat sedang melakukan program kehamilan, misalnya merokok, konsumsi alkohol, atau narkoba.

Studi ini tidak melihat kesuburan pria, tetapi Tommy's menekankan bahwa pria yang ingin menjadi ayah juga wajib menjalani gaya hidup sehat.

Sebab, gaya hidup sehat ikut memengaruhi kualitas sperma dan dengan demikian peluang pembuahan bisa lebih tinggi.

"Ketika pasangan merencanakan kehamilan, penting bagi ayah untuk sehat juga," kata seorang bidan di Tommy's, Sophie King.

"Tidak hanya untuk kesuburan mereka sendiri, tetapi masa depan jangka panjang keluarga karena kesehatan orangtua saat proses untuk kehamilan bisa memengaruhi DNA anaknya," sambung dia.

Sementara itu ketua British Fertility Society, Dr Raj Mathur menekankan bahwa gaya hidup calon ayah sangat penting dalam hal peluang untuk hamil.

"Pria yang berencana memiliki bayi dengan pasangannya harus meningkatkan kesehatan dengan menghindari gaya hidup yang tidak baik," terangnya.

Jadi, bagi para pria yang ingin memiliki anak bisa mempersiapkannya dengan mengadopsi sejumlah kebiasaan sehat, seperti yang dilansir dari laman Independent berikut ini.

1. Menghindari alkohol

Alkohol dapat memengaruhi kesuburan pria dan wanita. Menurut Tommy's, minum terlalu banyak alkohol bisa menyebabkan kualitas maupun kuantitas sperma yang rendah, serta penurunan kadar testosteron, bahkan hilangnya minat pada seks.

2. Mengurangi kafein

Bukti menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi terlalu banyak kafein ketika mencoba untuk memiliki anak dapat meningkatkan risiko pasangannya mengalami keguguran.

Hal yang sama juga dapat terjadi bagi para wanita. Karenanya batasi asupan kafein tak lebih dari dua cangkir kopi sehari.

3. Berhenti merokok

Merokok dapat menurunkan kualitas sperma pria, menyebabkan jumlah sperma lebih rendah, dan memengaruhi kemampuan sperma untuk berenang.

Bahkan, merokok juga terkait dengan impotensi seksual atau ketidakmampuan untuk mendapatkan dan mempertahankan ereksi.

Di tambah lagi, asap rokok yang dihirup oleh seorang wanita sebagai perokok pasif dapat merusak kemampuannya untuk hamil.

4. Jaga agar testis tetap dingin

NHS mengatakan bahwa untuk menghasilkan sperma dengan kualitas terbaik, testis pria harus sedikit lebih dingin daripada bagian tubuh lainnya.

Kedengarannya sulit, tetapi ada beberapa langkah sederhana yang dapat diambil, misalnya mengenakan pakaian dalam yang longgar seperti celana boxer dan jika bekerja di lingkungan yang panas, istirahatlah secara teratur di luar.

Selain itu, apabila kita duduk di meja untuk waktu yang lama, cobalah untuk bangun dan bergerak secara teratur.

5. Pertahankan berat badan yang sehat

Penelitian terbaru dari Tommy's juga menemukan lebih dari separuh wanita yang mencoba hamil mengalami kesulitan karena kelebihan berat badan.

Jika pun bisa hamil, mereka memiliki kemungkinan yang besar terhadap risiko komplikasi kehamilan.

Di samping itu, para pria yang kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat berdampak negatif pada kesuburan karena itu memengaruhi kualitas dan kuantitas sperma mereka.

6. Mengonsumsi makanan sehat

Jangan hanya mengandalkan pihak istri yang menjadi sehat agar kehamilan lebih mudah diraih. Pria pun wajib melakukannya. 

Penelitian Tommy's menunjukkan kualitas sperma itu dipengaruhi oleh diet. Selain itu, ada baiknya makan satu porsi kacang kenari atau biji-bijian untuk membantu motilitas sperma (kemampuan berenang).

"Kesehatan sperma dapat ditingkatkan dengan diet seimbang dan olahraga teratur. Makan buah, sayuran, biji-bijian, ikan, dan kacang kenari telah terbukti meningkatkan kesuburan pria," tegas King.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/30/114828820/6-kebiasaan-sehat-bagi-pria-yang-sedang-program-punya-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke