Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal yang Membuat Anjing Hidup Lebih Lama dan Lebih Sehat

KOMPAS.com - Siapa pun yang pernah hidup bersama dengan anjing pasti tahu bahwa biasanya hewan ini tidak memiliki usia yang panjang.

Kebanyakan anjing hanya hidup rata-rata sekitar 10-14 tahun, meskipun beberapa ada yang mungkin secara alami hidup lebih lama.

Tetapi, yang tidak diketahui banyak orang adalah manusia dan anjing memiliki banyak kesamaan genetik, termasuk kecenderungan penyakit kanker terkait usia.

Ini berarti bahwa banyak hal yang dapat dilakukan manusia untuk menjadi lebih sehat dan berumur lebih panjang, dapat berhasil juga untuk anjing.

Lebih lanjut, berikut adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membantu anjing hidup lebih lama dan lebih sehat, seperti yang dilansir dari laman Science Alert.

1. Perhatikan berat badannya

Itu berarti memastikan anjing tidak memiliki kelebihan berat badan dan mengelola asupan kalorinya dengan hati-hati.

Berat badan yang sehat tidak hanya akan lebih baik untuk anjing dalam jangka panjang, tetapi juga membantu membatasi dampak kondisi kesehatan tertentu seperti osteoartritis.

Pantau dan kelola berat badan anjing dengan hati-hati melalui penimbangan rutin atau penilaian kondisi tubuh, di mana kita melihat bentuk fisik anjing dan "skor" pada berat badan yang sehat.

Menggunakan kedua metode ini bersama-sama akan memungkinkan kita untuk mengidentifikasi perubahan berat badan dan mengubah diet anjing sesuai kebutuhan.

Kita juga dapat menggunakan pedoman pemberian makan sebagai titik awal untuk mengetahui seberapa banyak memberi makan anjing.

Namun, kita mungkin perlu mengubah jenis makanan atau jumlah yang diberikan untuk mempertahankan berat badan yang sehat seiring bertambahnya usia anjing atau tergantung pada seberapa banyak aktivitas yang dilakukan.

Mengetahui dengan tepat berapa banyak kita memberi makan anjing juga merupakan alat manajemen berat badan yang penting.

Secara umum, nutrisi yang baik dapat dikaitkan dengan proses penuaan yang sehat dan menunjukkan bahwa apa yang dimakan sama pentingnya dengan seberapa banyak kita memberi makan.

Nutrisi "baik" akan bervariasi untuk setiap anjing, tetapi pastikan untuk mencari makanan yang aman, enak, dan menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkannya.

2. Banyak jalan-jalan

Aktivitas fisik dapat membantu mengelola berat badan anjing, yang juga dikaitkan dengan efek anti penuaan pada spesies lain yang serupa secara genetik.

Meskipun olahraga saja tidak akan meningkatkan usia anjing, itu mungkin membantu melindunginya dari kelebihan berat badan.

Dan memang, penelitian menunjukkan bahwa membawa anjing berjalan-jalan mengarah pada kebahagiaan untuk anjing dan manusia.

3. Ajari trik baru

Kita dapat mengajari anjing tua dengan trik-trik baru dan sebagai hasilnya kita mungkin akan membuat otak maupun tubuhnya menjadi lebih muda.

Bahkan ketika aktivitas fisik mungkin terbatas, jelajahi permainan dan aktivitas alternatif lainnya seperti tes mencium wewangian yang dapat dilakukan anjing.

Menggunakan hidung adalah hal yang secara inheren bermanfaat dan menyenangkan untuk dilakukan anjing.

Jadi, mengajak anjing untuk menemukan barang dengan aroma akan melatihnya, baik secara mental dan fisik.

Latihan lain seperti hidroterapi – sejenis latihan renang – mungkin merupakan pilihan yang baik, terutama untuk anjing yang memiliki kondisi tertentu yang memengaruhi kemampuannya dalam berolahraga.

4. Meningkatkan kualitas ikatan

Ikatan antara manusia dan anjing kemungkinan memberikan persahabatan dan sering kali anjing juga digambarkan sebagai anggota keluarga.

Ikatan pemilik dan anjing yang stabil dapat membantu menjaga hubungan yang bahagia, serta saling menguntungkan antara keduanya.

Ini juga dapat membantu kita mengenali perubahan halus dalam perilaku atau gerakan anjing yang mungkin menandakan potensi penyakit atau masalah.

Hubungan yang baik antara anjing dengan pemiliknya memiliki banyak manfaat, termasuk menghilangkan stres dan meningkatkan aktivitas fisik.

Berbagi pengalaman positif dan menyenangkan dengan anjing, termasuk bermain juga sangat bagus untuk memperkuat ikatan kita dan anjing peliharaan.

5. Jangan lewatkan kunjungan ke dokter hewan

Program vaksinasi secara efektif mengurangi kejadian penyakit pada anjing dan manusia, termasuk toksokariasis yang dapat ditularkan dari kotoran anjing ke manusia atau rabies yang dapat ditularkan dari anjing ke anjing atau anjing ke manusia.

Memiliki hubungan yang baik dengan dokter hewan akan memungkinkan kita menyesuaikan perawatan dan mendiskusikan kebutuhan anjing.

Pemeriksaan kesehatan secara teratur juga dapat berguna dalam mengidentifikasi masalah potensial sehingga bisa cepat diobati seperti masalah gigi atau osteoartritis, yang dapat menyebabkan rasa sakit sehingga berdampak negatif pada kesehatan anjing.

Pada akhirnya, kombinasi genetika anjing kita dan lingkungan tempatnya tinggal mampu memengaruhi usianya lebih panjang.

Jadi, meskipun kita tidak dapat mengubah genetika anjing, ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kesehatannya yang membantu anjing hidup lebih lama dan lebih sehat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/31/105325220/5-hal-yang-membuat-anjing-hidup-lebih-lama-dan-lebih-sehat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke