Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perlu Tahu, 7 Langkah Mudah Mengatasi Rasa "Insecure"

Insecure adalah perasaan tidak mampu atau tidak cukup baik yang sering kali membuat kita berada pada situasi ketidakpastian.

Menurut WebMD, perasaan insecure membuat seseorang mengalami kecemasan tentang tujuan-tujuan dalam hidup, hubungan, hingga kemampuan untuk mengatasi situasi tertentu.

Kegagalan dalam mengatasi perasaan insecure bisa berdampak negatif terhadap relasi, karir, dan kehidupan secara umum, bahkan memicu depresi.

Meski mengatasi insecure kedengarannya sulit, ada beberapa langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya.

Mengatasi insecure

Menurut Everyday Health, berikut cara mengatasi insecure yang bisa kita coba terapkan:

1. Memahami perasaan

Cobalah tanya pada diri kita sendiri mengapa perasaan insecure itu muncul.

Memahami penyebab insecure yang kita rasakan bisa membantu mengarahkan kita pada dua hal penting.

Pertama, untuk memahami bahwa perasaan itu punya alasan valid dan kita tidak konyol untuk merasa insecure.

Kedua, masalah-masalah yang kita alami punya penyebab logis dan bisa diatasi secara logis.

Penyebab insecure bisa berbeda-beda pada setiap orang.

Misalnya, jika kita baru saja kehilangan sesuatu dalam hidup atau merasakan perubahan yang sangat besar, mungkin kita memiliki masalah untuk beradaptasi dengan situasi baru.

Apapun penyebab insecure yang kita rasakan, penting untuk mengetahuinya untuk mengatasi situasi penuh stres yang kita hadapi.

Kita juga tak perlu sedih atau kecewa, sebab situas-situasi semacam itu juga dialami orang lain dan membuat mereka insecure.

2. Melangkah perlahan

Setelah mengetahui penyebab insecure yang kita rasakan, cobalah mengatasinya secara perlahan.

Jika punya masalah di lingkungan sosial, misalnya, cobalah minta teman-teman dekat atau keluarga untuk menemani kita pergi.

Pergi secara berkelompok akan mengurangi tekanan yang kita hadapi dan membantu kita lebih menikmati aktivitas sosial.

Namun, pastikan orang yang kita ajak memahami situasi kita. Orang-orang tercinta akan membantu kita dan memastikan kita tetap merasa nyaman alih-alih mengolok-olok kita.

Mengatur target-target kecil sangatlah penting. Sebab, terlalu terburu-buru mencapai target besar hanya akan membuat kita terbebani dan pada akhirnya memilih untuk menyerah.

Dalam hal masalah sosialisasi, misalnya, target awal kita bisa pergi ke restoran sepi bersama teman. Lalu, target berikutnya meminta teman kita mengajak temannya sehingga kita bisa berinteraksi dengan orang baru.

3. Keluar dari zona nyaman

Jika ingin lepas dari perasaan insecure yang kita hadapi, cobalah beranikan diri keluar dari zona nyaman secara perlahan.

Misalnya, jika kita punya masalah bersosialisasi dan biasa berinteraksi secara virtual, cobalah sekali-kali memilih mengangkat telepon alih-alih berkomunikasi lewat teks.

Hal lainnya misalnya memilih untuk berbicara langsung alih-alih melalui email.

Tak hanya membuat kita lebih percaya diri, orang lain juga mungkin akan lebih menghargai pendekatan kita terhadap kehidupan.

4. Mengubah perspektif

Masalah yang kita hadapi mungkin adalah sebuah tantangan yang rasanya sangat sulit untuk kita hadapi.

Namun, mengubah perspektif bisa membantu kita menghadapinya.

Misalnya, jika kita kesulitan menghadapi stres di tempat kerja, mungkin kita tak sempurna sebagai karyawan, tapi kita adalah seorang ibu yang baik buat anak-anak kita atau teman yang menyenangkan bagi sahabat kita.

Contoh lainnya, jika kita tak bahagia dengan bentuk tubuh kita dan orang lain rasanya terlihat lebih menarik, cobalah berpikir tentang apa yang ada dalam diri kita dan bisa diapresiasi orang lain. Apakah kita ternyata jago memasak atau bermain musik? Mungkin saja banyak orang di luar sana yang tidak bisa melakukan itu.

Cobalah membayangkan hal-hal yang kita suka dan kagumi tentang diri sendiri dan berhentilah terus mengkritik diri kita sendiri.

5. Lakukan yang kita bisa sebaik mungkin

Cara lainnya untuk mengatasi insecure adalah mengetahui apa kebisaan atau keunggulan kita, lalu lakukanlah sebaik mungkin.

Temukanlah hobi yang kita suka karena itu tak hanya bisa membantu mengatasi stres, tetapi juga membantu membangun rasa percaya diri.

Jika kita merasa mampu melakukan suatu hal, secara perlahan kita juga bisa lepas dari rasa insecure terhadap diri sendiri.

Apapun bidang yang kita pilih, pastikan kita konsisten melakukannya dan memperhatikan detil. Seiring waktu, kita akan lebih mengapresiasi kualitas dalam diri kita dan menemukan sukses dalam hobi kita.

Jika belum menemukan hal spesifik yang disukai, cobalah melakukan berbagai kegiatan dan temukan aktivitas mana yang paling menarik. Ingatlah bahwa setiap orang pasti punya kebisaan dalam satu bidang.

6. Mengapresiasi diri

Menghadapi perasaan insecure akan lebih mudah jika kita mampu mengapresiasi diri sendiri.

Bahkan, kesuksesan sekecil apapun perlu disadari dan dirayakan. Tak perlu terlalu muluk, kita bisa membeli kue kesukaan atau baju incaran setelah mencapai satu target kecil.

Merencanakan hadiah untuk diri sendiri juga bisa membantu kita lebih fokus mencapai target dan menyelesaikan masalah yang ada di depan mata.

7. Catat perkembangannya

Kita bisa mencatat pencapaian kita dan apa saja target yang ingin kita capai ke depan.

Kita juga bisa menuliskan daftar apa saja yang positif dari diri kita. Tulis juga semua pujian yang kita dapat dan semua kesuksesan profesional maupun pribadi.

Setiap minggunya, intip lagi catatan tersebut dan lihat apa yang sudah berhasil kita capai selama ini.

Suatu hari, kita bisa melihatnya kembali dan membaca semua proses yang dilalui menuju kesuksesan.

Jika rasa insecure itu muncul lagi, kita dapat membaca catatan itu kembali dan mengingatkan diri sendiri tentang apa saja pencapaian luar biasa yang berhasil kita lakukan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/06/161600820/perlu-tahu-7-langkah-mudah-mengatasi-rasa-insecure-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke