Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Warna Cat Netral yang Bisa Dongrak Harga Jual Rumah

Apabila kita sedang mempertimbangkan untuk menjual rumah, maka kita perlu memperbarui cat di rumah untuk dapat meningkatkan nilai keseluruhannya dan menarik calon pembeli.

"Lapisan cat baru memberikan keuntungan hingga 100 persen dan dapat meningkatkan nilai rumah sebesar lima persen."

Demikian kata CEO perusahaan desain interior mewah Liz Walton Home di Pennsylvania, Amerika Serikat, Liz Walton.

Memang, mengecat rumah membutuhkan lebih banyak waktu dan uang, tetapi kita bisa mendapatkan hasil yang signifikan jika kita memilih warna yang tepat.

Sebagai aturan praktis, warna terang dan netral adalah pilihan yang tepat karena pilihan warna biasanya sangat subjektif.

"Gagasan setiap orang tentang apa yang mereka inginkan dan sukai dalam warna, suasana hati, dan energi sangat berbeda."

Demikian kata David Bluhm, salah satu pendiri Plunk, sebuah aplikasi yang membantu pemilik rumah meningkatkan ekuitas rumah melalui perbaikan.

"Jadi, semakin banyak pilihan warna berani yang kita buat, maka kita berisiko menarik audiens yang lebih kecil dari pembeli potensial," sambung dia.

Selain bagian dalam, warna cat yang kita pilih untuk bagian luar rumah juga penting dan berperan dalam meningkatkan nilai jualnya.

"Dari perspektif eksterior, warna cat rumah dapat secara drastis meningkatkan daya tarik pembeli," ungkap direktur layanan garansi di Power Home Remodeling, Eamon Lynch.

Dia pun menyarankan kita menggunakan warna cat putih, abu-abu, dan cokelat untuk eksterior rumah karena ini adalah warna yang paling universal dan abadi dalam beberapa gaya.

Di samping itu, ada juga sejumlah warna cat netral teratas yang dapat kita pilih untuk dapat meningkatkan nilai jual rumah.

1. Putih

Jika kita mencari warna yang akan mencerahkan rumah dan membuat ruangan lebih terlihat lebih besar, kita akan pernah salah untuk memilih warna putih.

"Benar-benar hanya ada satu warna yang bisa meningkatkan nilai rumah dan itu adalah putih," kata Anthony Carrino, VP desain di platform pembangunan rumah online Welcome Homes.

Menurut desainer interior senior di Lars Remodeling and Design, Wendy McCleery putih adalah warna yang sangat baik untuk ruangan-ruangan di dalam rumah kita, terutama dapur.

Berpegang teguh pada warna netral seperti putih hangat juga memungkinkan calon pembeli melihat diri mereka di suatu ruang yang lebih besar tanpa ada warna berani yang menghalangi.

"Mengecat rumah dengan warna putih lembut atau netral akan membuat rumah kita lebih laku di pasar dan membantunya tampak lebih besar seperti kanvas yang bersih," kata Walton.

2. Krem

Warna putih yang lebih hangat seperti krem adalah warna netral lain yang dapat menyegarkan ruangan. Warna ini sangat cocok diaplikasikan di dapur, ruang tamu, dan kamar tidur.

"Saat mengubah sebuah properti, kami suka menggunakan warna krem muda di dinding interior," kata Marina Vaamonde, investor real estat komersial dan pendiri PropertyCashin.

Vaamonde menuturkan, warna krem memberi ruangan terasa lebih mewah, sehingga dapat meningkatkan nilai jual rumah yang lebih mahal.

3. Biru muda

Sebuah survei tahun 2021 di Zillow menemukan bahwa biru muda adalah warna paling populer untuk mengecat kamar mandi dan kamar tidur, yang dapat meningkatkan nilai jual rumah.

"Kamar mandi adalah area di mana pemilik rumah ingin merasa santai dan secara instan memberikan peningkatan nilai," ujar Lynch.

McLeery juga mengatakan bahwa biru muda dapat membuat kamar mandi terlihat mengundang, nyaman, dan juga lebih luas.

Sekali lagi, biru muda dianggap sebagai warna netral yang lebih cenderung menarik berbagai gaya dan selera. Warna ini juga menyampaikan perasaan damai dan tenang.

4. Greige

Greige atau warna kombinasi antara abu-abu (gray) dan krem (beige) adalah warna netral yang sangat baik untuk mengecat ruang tamu, kamar tidur, dan eksterior.

"Greige bisa menjadi alternatif untuk putih dan abu-abu yang membawa perasaan elegan maupun modern," kata investor real estate dan pemilik Prestige Home Buyers, Warner Quiroga.

Warna ini tidak hanya akan memberi rumah kita tampilan yang hangat dan tinggi, tetapi juga meningkatkan nilai jualnya.

"Mengecat ulang ruang tamu dengan warna netral seperti abu-abu, krem, atau cokelat muda dapat menambah nilai rumah, yang dapat dimodernisasi dengan aksen putih," ungkap Bailey Carson, pakar perawatan rumah di Angi.

Di sisi lain, Walton merekomendasikan kita mengecat rumah dengan warna abu-abu yang sempurna karena warna ini akan membuat bagian dalam rumah terasa lebih hangat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/02/180104420/4-warna-cat-netral-yang-bisa-dongrak-harga-jual-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke