Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Memilih dan Menggantungkan Lampu di Pohon Natal dengan Mudah

KOMPAS.com - Hari Natal tinggal menghitung hari. Artinya, kini saatnya menghias pohon Natal dengan lampu-lampu yang cantik.

Namun, memasang lampu pada pohon Natal bukanlah perkara mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memasangnya.

Nah, bagi kamu yang kesulitan dalam memasang lampu di pohon Natal, berikut tips memilih lampu dan memasangnya, dilansir dari Mental Floss.

Berbagai pilihan lampu Natal

Salah satu keputusan penting yang harus dibuat sebelum menggantung lampu di pohon Natal adalah memilih antara jenis LED atau jenis pijar.

Memang, keduanya dapat menerangi pohon Natal kita dengan indah, tetapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilihnya.

Lampu pijar bekerja dengan memanaskan filamen logam, seperti bola lampu biasa. Akibatnya, semakin lama menyala, semakin panas pula lampu itu.

Lalu, lampu pijar juga bisa terbakar dan mati, sehingga mungkin kita perlu mengganti bohlamnya satu per satu seiring waktu berjalan.

Sisi positifnya, lampu pijar menawarkan tampilan cahaya lembut tradisional yang berkelap-kelip dengan harga yang terjangkau.

Sementara itu, lampu LED dikenal dengan cahayanya yang putih, sehingga terkadang terlalu mencolok bagi mata.

Namun, lampu natal LED punya kelebihannya sendiri karena tidak memancarkan panas. Lampu ini juga menggunakan lebih sedikit energi dibanding lampu pijar tradisional.

Lalu, lampu LED juga cenderung bertahan lebih lama, meski harganya lebih mahal daripada lampu pijar tradisional.

Jadi, jika kamu mencari lampu Natal yang dapat digunakan selama bertahun-tahun, maka LED adalah investasi yang lebih baik.

Terakhir, pastikan untuk membeli lampu dalam ruangan untuk penggunaan di dalam ruangan, bukan sebaliknya.

Ada banyak cara untuk mendekorasi pohon Natal, mulai dari menggunakan lilin asli hingga menyembunyikan Christmas pickle yang memiliki bentuk menyerupai acar timun.

Hiasan ini biasanya dipasang di antara ornamen lainnya untuk menambah meriah suasana.

Memilih warna lampu Natal pun begitu, tidak ada aturan tertentu yang wajib dilakukan.

Entah itu memilih pohon bergaya abad pertengahan dengan lampu merah muda atau lampu warna pelangi guna mencocokkannya dengan ruang kerja, pilihan ada padamu.

Lalu, jika ingin lebih tradisional dan sederhana, kamu bisa memilih palet warna monokromatik yang menenangkan dari lampu bening.

Intinya, hanya imajinasi yang bisa membatasi pilihanmu.

Metode menggantungkan lampu Natal

Meski tak ada cara tepat untuk menggantungkan lampu di pohon Natal, biasanya orang-orang menggantungkannya secara vertikal atau horizontal.

Untuk menggantung lampu secara vertikal, sejajarkan ujung rangkaian non-plug dengan bagian atas pohon. Ini bisa dilakukan dengan bantuan tangga.

Lalu, letakkan rangkaian lampu secara hati-hati mengikuti garis vertikal di pohon sampai mencapai cabang di bagian bawah.

Setelah itu, putarlah rangkaian lampu sesuai bentuk huruf U dan bawa lampu kembali ke atas. Ulangi sampai kabel rangkaian habis.

Mungkin, kita juga akan memerlukan beberapa rangkaian untuk menutupi seluruh pohon.

Untuk mode horizontal, ada dua cara melakukannya. Pertama, mulai melilitkannya dari atas dengan ujung rangkaian yang non-plug terlebih dahulu.

Kedua, dari bawah dengan ujung yang memiliki plug terlebih dahulu.

Lalu, mulailah melilitkan rangkaian lampu itu dengan menjaga jarak yang rata antara baris-barisnya, dan lakukan sampai pohon tertutup penuh.

Kita dapat menyesuaikan lebar baris untuk mengatur terang atau tidaknya pohon.

Lalu, agar lebih bervariasi, kita juga bisa mencoba mendorong lampu sehingga lebih dekat ke batang pohon di beberapa tempat.

Menjamin keamanan lampu Natal

Saat menggantung lampu pohon Natal, ingatlah bahwa ada risiko yang membayanginya. Jadi, cobalah untuk mengikuti beberapa tips berikut ini.

Pertama, jangan pernah membiarkan lampu pohon Natal menyala saat kita tidak di rumah, sekalipun kita menggunakan lampu LED.

Kedua, jangan menghubungkan terlalu banyak rangkaian lampu satu sama lain. Cobalah untuk menghubungkan maksimal tiga rangkaian lampu saja.

Kita juga bisa menggunakan timer untuk mengatur waktu nyala-matinya lampu untuk mencegah kebakaran sekaligus menghemat energi.

Terakhir, perlu diingat bahwa sebagian besar pohon Natal buatan dibuat dengan bahan tahan api.

Jadi, jika memilih pohon asli, cari spesimen yang segar dan jangan lupa menyiramnya untuk mengurangi risiko kebakaran.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/23/183000720/tips-memilih-dan-menggantungkan-lampu-di-pohon-natal-dengan-mudah

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.