Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Manfaat Kristal untuk Perawatan Kulit

KOMPAS.com - Tren kecantikan setiap tahun memang terus berganti. Tapi, metode perawatan kulit menggunakan kristal sepertinya tidak pernah sirna.

Ya, perawatan kulit menggunakan kristal memang sudah digunakan dalam dunia kecantikan sejak lama.

Sebabnya kristal dipercaya bisa mendatangkan energi positif dan untuk menyembuhkan penyakit.

Bahkan para pesohor dunia seperti Katy Perry, Miranda Kerr, hingga Victoria Beckham ikut melakukannya.

Awal mula kristal untuk perawatan kulit

Sejak zaman kuno, kristal telah digunakan untuk merawat kulit. Orang zaman dulu menggunakan batu untuk memberi rasa tenang dan menyembuhkan penyakit.

Batu juga dipercaya sebagai dasar dari berbagai filosofi kesehatan budaya.

“Secara umum, batu dihargai dalam budaya Tiongkok dan penyembuhan untuk ketahanannya," kata ahli akupunktur dan herbalis yang berbasis di Brooklyn, Sandra Lanshin Chiu.

"Salah satu alasannya adalah karena kristal membutuhkan waktu ribuan tahun untuk terbentuk sebagai perpaduan sempurna antara elemen dan waktu," tambahnya.

“Batu kristal dipuja sebagai entitas yang memiliki semangat dan kesadaran sendiri, jadi bisa membantu penyembuhan—termasuk memperbaiki kulit—karena mempengaruhi medan energi seseorang," sambung Chiu.

Hingga saat ini memang belum ada penelitian ilmiah yang secara khusus mendukung manfaat kristal bagi perawatan kulit.

Namun, bukan berarti kita bisa meremehkan segudang manfaat yang dimiliki kristal bagi tubuh dan kulit.

Misalnya saja dua jenis kristal yang paling sering digunakan dalam perawatan kulit, yaitu giok dan kuarsa rose yang berwarna merah.

Banyak orang percaya kuarsa rose baik dan memiliki getaran santai, sementara giok dan aventurine hijau bersifat regeneratif.

Keduanya juga dapat menenangkan dan membantu mengencangkan kulit.

Metode perawatan kulit dengan kristal

Kualitas kristal sangat memengaruhi perawatan kulit yang dilakukan. Sebabnya, kristal dapat membuat kulit rileks dan memberi energi.

Tapi, hasil itu baru bisa dirasakan jika orang-orang yang menggunakan kristal menyeimbangkannya dengan gaya hidup, pola pikir, dan produk kecantikan.

Ada sejumlah besar item perawatan kulit kristal di pasaran. Yang paling terkenal adalah gua sha dan crystal rol yang terbuat dari berbagai bahan kristal.

Tapi, metode ini juga digunakan untuk pengobatan tradisional Tiongkok yang melibatkan penggunaan teknik menggores pada tubuh.

Tujuannya, untuk membuang racun, menyembuhkan otot yang nyeri atau robek, mengurangi stres, meningkatkan aliran darah, dan penyembuhan.

Crystal roller memiliki ujung ganda yang berukuran besar dan kecil.

Seperti Gua Sha, crystal rolller juga memiliki banyak manfaat, seperti membantu pijat drainase limfatik yang dapat mengurangi bengkak di wajah dan meningkatkan sirkulasi di kulit untuk cahaya alami.

Kedua metode itu dapat digunakan bersamaan dengan serum atau minyak.

Tapi, jika seseorang mengalami pembengkakan sebaiknya menggunakan crystal roller yang sudah disimpan di lemari es terlebih dulu.

Dalam metode ini, kristal bisa dimasukkan ke dalam bak mandi, gelas, maupun ember. Dan saat mandi cukup tuangkan air ke tubuh agar keseimbangan energi tubuh kembali.

Kuarsa mawar dikatakan sebagai batu terapi karena dapat membantu meningkatkan cinta diri, menghilangkan stres, dan melindungi dari emosi negatif.

2. Giok

Bagi masyarakat Indonesja, giok bukanlah kristal yang asing.

Pasalnya, sejak kecil kita sudah percaya bahwa giok digunakan sebagai batu 'penyembuhan' dan bisa melindungi, membawa kekayaan, kelimpahan, dan keberuntungan.

3. Kuarsa bening

Dikenal sebagai batu penyembuh, kuarsa bening jika digabungkan dengan kristal lain bisa meningkat energinya.

Kuarsa bening dipercaya menjaga konsentrasi dan perhatian, serta memperkuat energi atau tujuan apa pun. Batu ini juga diyakini melindungi seseorang dari hal-hal negatif

4. Batu kecubung atau amethyst

Batu kecubung adalah induk dari semua batu, memberikan karakteristik pelindung serta kapasitas untuk mengembangkan intuisi seseorang sendiri.

Dalam dunia kecantikan, jenis kristal ini sering digunakan sebagai alat penenang.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/01/09/152243720/mengenal-manfaat-kristal-untuk-perawatan-kulit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke