Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Prinsip Feng Shui Dekorasi Rumah yang Bisa Diterapkan di Tahun Macan 2022

KOMPAS.com - Feng shui merupakan seni Tiongkok kuno yang didasarkan pada penggunaan kekuatan energi untuk menciptakan harmoni di lingkungan tempat hunian kita.

Di pusat feng shui ada chi atau kekuatan hidup vital yang berada di dalam setiap entitas.

Chi sendiri dibentuk dengan menggabungkan dua kekuatan yang berlawanan namun saling melengkapi yakni yin dan yang, di mana yin adalah energi feminin dan yang adalah energi maskulin.

Kita dapat membawa chi positif dengan membuat perubahan sederhana pada lingkungan dan menyeimbangkan lima elemen feng shui (kayu, api, tanah, logam, dan air).

Setiap elemen mewakili sifat positif tertentu. Kayu adalah simbol kreativitas dan pertumbuhan, api adalah lambang kepemimpinan dan keberanian, bumi berarti kekuatan dan stabilitas, logam menandakan fokus dan ketertiban, sedangkan air mewujudkan emosi dan inspirasi.

Sesuai shio tahun 2022 adalah Macan Air yang mewujudkan ambisi, semangat kompetitif, impulsif, dan komunikasi, maka bagi kemajuan untuk tahun depan yang positif kita perlu menerapkan tiga tips dekorasi feng shui sebagai berikut ini.

1. Menghilangkan nasib buruk

Setelah kita memutuskan untuk menambahkan lebih banyak hal positif ke dalam rumah, penting untuk menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan nasib buruk.

Pertama, kita dapat melakukannya dengan memindai semua sudut rumah dan merapikannya. Singkirkan tanaman mati dan barang-barang yang rusak.

Jendela berdebu adalah masalah besar. Oleh sebab itu, bersihkan jendela dan biarkan sinar matahari mengalirkan energi positif ke dalam rumah.

Apa pun yang menghalangi pergerakan di rumah kita perlu ditempatkan secara berbeda.

Di sisi lain, kebocoran air — dari keran atau atap — dianggap sial. Paku terbuka di dinding, dinding miring, dan balok terbuka di atap juga dianggap sial.

Hindari menyimpan kompor atau meletakkan tempat tidur langsung di bawah jendela.

Jika pintu depan dan belakang sejajar, ada tangga tepat di depan pintu masuk, atau pintu terletak setelah lorong yang panjang, pertimbangkan untuk membuat beberapa perubahan pada interior rumah.

2. Membawa keberuntungan

Tentu saja, beberapa aspek rumah kita tidak dapat diubah. Lalu apa solusinya?

Kita selalu bisa membuat beberapa tambahan untuk rumah yang akan membantu membawa keberuntungan. Nah, berikut inj beberapa tips yang bisa kita ikuti untuk mengubahnya.

  • Menggabungkan warna-warna cerah dan benda-benda, terutama cermin, kristal, dan lampu. Kita juga dapat menggunakan warna yang melambangkan lima elemen Feng Shui seperti warna tanah, putih, biru, dan merah.
  • Jadikan rumah kita surga indera dengan memasukkan suara menyenangkan yang dihasilkan oleh lonceng.
  • Masukkan beberapa organisme hidup seperti tanaman, ikan, dan hewan peliharaan lainnya. Karena dengan menambahkan tanaman, kita juga akan memasukkan elemen kayu dalam dekorasi yang melambangkan kreativitas dan pertumbuhan.
  • Hiasi rumah dengan patung, lukisan, permadani, dan bendera yang indah. Pilih juga wewangian yang menyenangkan untuk setiap ruangan.
  • Apabila kita memiliki ruangan yang luas di rumah, kita bisa memanfaatkannya dengan memasang air mancur kecil. Ini akan menambahkan elemen air ke rumah yang menunjukkan emosi dan inspirasi.
  • Pastikan perangkat listrik dan gadget kita berfungsi dengan baik.

3. Berikan perhatian khusus pada area-area tertentu

Menurut prinsip feng shui, pintu masuk utama sebuah rumah adalah salah satu area yang paling penting. Area ini tidak hanya harus bebas dari larangan dan kotoran, tetapi juga harus memancarkan energi positif.

Apa pun yang menghalangi pandangan kita ke rumah saat kita masuk harus dihilangkan, karena menghalangi aliran chi.

Misalnya, jika meja atau sofa menghalangi pandangan kita, pertimbangkan untuk memindahkannya ke tempat lain.

Jika benda tersebut tidak bergerak, cobalah untuk mengurangi dampaknya dengan bantuan kain gantung dan tanaman.

Gambar atau lukisan genangan air di dalam rumah juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghormati unsur air yang merupakan aspek penting di tahun Macan Air 2022 ini.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/01/22/165605820/3-prinsip-feng-shui-dekorasi-rumah-yang-bisa-diterapkan-di-tahun-macan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke