Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2 Clothing Brand Asal Bandung di Pentas Paris Fashion Week 2022

Di bawah naungan Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs), 3Second dan Greenlight, bersama delapan brand fesyen lokal lainnya, mendapat kesempatan untuk tampil di acara yang bakal digelar pada bulan Maret 2022 tersebut.

Dalam perjalanannya kali ini, 3Second dan Greenlight akan memperkenalkan nilai-nilai asli tradisional dan modern Indonesia ke kancah internasional.

"Di Paris Fashion Week kami akan membawa budaya Jawa Barat ke panggung fashion show."

"Kami berkolaborasi dengan dua desainer untuk menyuguhkan koleksi berupa capsule product."

Demikian dikatakan Hendri Sase, Marketing Manager 3Second, dalam jumpa pers virtual "Vakansi ke Paris di Paris Fashion Week 2022", Jumat (25/2/2022).

Perhelatan Paris Fashion Week 2022 Fall/Winter akan digelar pada Senin 28 Februari - 8 Maret 2022 di The Westin Paris Vendome, Perancis. 

Kolaborasi 3Second X Danjyo Hiyoji

Lini koleksi yang pertama yang akan diperkenalkan di Paris Fashion Week 2022 adalah hasil kolaborasi 3Second dengan desainer Dana Maulana.

Founder dari brand fesyen Danjyo Hiyoji akan mengangkat tema dengan konsep “Heeji” atau dalam Bahasa Sunda berarti satu.

Koleksi kolaborasi ini terinspirasi dari tradisi Seren Taun, yaitu upacara tradisi selebrasi panen padi di Jawa Barat.

Berbagai elemen khas Jawa Barat seperti topi totopong, alat musik angklung dan karinding akan dikombinasikan dengan gaya kontemporer anak muda masa kini yang terbuka dan memiliki identitas tersendiri.

"Saya melihat Jawa Barat salah satu daerah yang agraris ya. Saya merancang busana yang terinspirasi dengan warna hijau sawah, krem tanah, marun bata dan hal-hal semacam itu melalui bordir, payet dan unsur lainnya," ujar Dana Maulana.

Tema Traffic Light dari Greenlight X Ican Harem

Sementara Greenlight menggandeng desainer Ican Harem di lini koleksi kedua bertema “Traffic Light” yang mengangkat suasana jalanan dan kemacetan masyarakat perkotaan di Indonesia.

Ia menangkap budaya urban yang mencerminkan bahwa masyarakat Tanah Air selalu kreatif dan bisa memlihat peluang dari berbagai kondisi.

"Koleksi yang akan saya bawa di Paris Fashion Week bertema streetwear yang berupa jaket, jas, celana dan beberapa aksesoris. Kira-kira ada 10 looks yang akan dipresentasikan," kata Ican.

Menggandeng Ariel Noah dan sembilan publik figur

Ariel Noah selaku Brand Ambassador Greenlight sekaligus pekerja kreatif, sejak awal selalu mendukung kemajuan ekonomi kreatif Indonesia.

Kehadirannya di Paris Fashion Week 2022 nanti bukan hanya sebagai perwakilan Greenlight.

Ariel akan hadir bersama-sama dengan sejumlah pekerja seni dan content creator lainnya seperti Anya Geraldine, Keanuagl, Reza Arap, Wendy Walters, Adipati Dolken, Canti Tachril dan Tyna Dwijayanti.

Mereka akan mendukung clothing brand asal Bandung tersebut secara langsung di Paris.

"Kita di sana akan membuat awareness untuk kasih lihat bagaimana bagusnya produk Indonesia."

"Mudah-mudahan ini bukan cuma sekali ya. Semoga ada agenda rutin produk-produk lokal lain di Indonesia yang menunjukkan koleksinya di luar negeri," kata Ariel.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/26/050720520/2-clothing-brand-asal-bandung-di-pentas-paris-fashion-week-2022

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke