Salin Artikel

Maudy Ayunda Jadi Jubir Presidensi G20 Indonesia, Apa Tugasnya?

KOMPAS.com - Mendukung penyelenggaraan komunikasi publik Presidensi G20 Indonesia, pemerintah menunjuk aktris dan penyanyi, Maudy Ayunda sebagai juru bicara presidensi.

Hal tersebut disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate dalam konferensi pers "Pengenalan Jubir Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia" secara virtual melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (31/3/2022).

Dalam pidatonya, Johnny menyebut bahwa Maudy Ayunda merupakan figur yang tepat untuk menjadi seorang juru bicara Presidensi dalam rangkaian KTT G20 yang digelar 20 tahun sekali tersebut.

Terlebih jika mengetahui latar belakang aktris kelahiran 1994 itu yang merupakan lulusan terbaik dari universitas ternama di dunia.

"Sebagai milenial dan figur publik, Maudy Ayunda diharapkan dapat menjangkau milenial dan Gen Z dalam menyampaikan informasi seputar Presidensi G20 Indonesia," ujarnya.

Seperti diketahui, Maudy Ayunda merupakan lulusan PPE atau Politic, Philosopy, and Economics dari Oxford University dengan predikat cumlaude.

Pelantun "Perahu Kertas" ini juga menyelesaikan jenjang S2nya dalam dua tahun dengan dua jurusan, Pendidikan dan Administrasi Bisnis di Stanford University.

"Maudy juga menguasai bahasa asing yang membantu dalam mengemban tugasnya menjadi juru bicara," papar Johnny.

Tugas Maudy Ayunda sebagai juru bicara Presidensi G20 Indonesia

Sebagai juru bicara, Maudy akan menjalani sejumlah peran komunikasi dalam konferensi tersebut. Ruang lingkupnya adalah sebagai berikut.

1. Menyampaikan informasi terkait pelaksanaan kegiatan KTT G20 Indonesia yang akan dihadiri para pemimpin anggota G20, kepala negara dan kepala pemerintahan.

2. Menyiapkan perkembangan pertemuan perkembangan working group, engagement group dan side events secara rutin, sehingga masyarakat Indonesia dan dunia dapat mengikuti perkembangan dan substansi agenda Presidensi G20 Indonesia.

Dipilih menjadi jubir pemerintah Presidensi G20 Indonesia, Maudy pun merasa terhormat.

Maudy yang saat itu mengenakan blouse putih formal dan bawahan kain tradisional naik ke podium untuk menyampaikan misinya. 

"Saya merasa terhormat dipercaya menjalankan tugas menyebarkan informasi terkait presidensi G20 Indonesia,"

"Kita ingin seluruh masyarakat Indonesia dan dunia aktif dalam mengikut perkembangan G20. Saya exited," ujarnya.

"Ini momentum bersejarah. Ini kesempatan Indonesia mendorong dunia untuk pulih dan bersama-sama atasi tantangan ekonomi global. Tugas ini harus disambut suka cita dan optimisme." imbuh dia.

Dalam kesempatan yang sama, Maudy Ayunda juga menyoroti tiga isu yang menjadi prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia, yakni fokus pada penguatan arsitektur kesehatan global, transformasi digital, serta transisi energi.

"Ketiga isu tersebut akan dibahas di semua sektor untuk nantinya menjadi modal besar untuk dunia agar pulih dan bangkit lebih kuat lagi," pungkas Maudy Ayunda.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/03/31/231428920/maudy-ayunda-jadi-jubir-presidensi-g20-indonesia-apa-tugasnya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.