Salin Artikel

4 Tips Main Hula Hoop untuk Mengecilkan Perut Buncit

Misalnya, yoga, berenang, dan lari. Semua itu menjadi olahraga yang paling digemari oleh orang-orang.

Tapi, di luar dari olahraga-olahraga tersebut, main hula hoop ternyata memiliki manfaat yang sangat baik dan efektif untuk mengecilkan perut buncit.

Menurut American Council on Exercise yang dilansir New York Magazine, bermain hula hoop ternyata dapat membantu membakar tujuh kalori per menit.

Selain itu, aktivitas ini pun memberikan manfaat pada hal-hal lain seperti otot inti, postur, dan sirkulasi tubuh.

Ketika content creator di Philadelphia, Angie Wang, mencoba main hula hoop di aplikasi TikTok, dia pun menjelaskan, hula hoop mempunyai beberapa cara yang menyenangkan dan berbeda dalam memperkuat dan mengurangi lemak di sekitar perut.

Jadi, bagaimana kita bisa mendapatkan hasil yang sama dari latihan hula hoop?

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak terus empat tips main hula hoop yang paling efektif mengecilkan perut, berikut ini.

1. Weighted hula hoop

"Bermain hula hoop adalah latihan aerobik yang akan menjaga inti kita tetap terlibat selama latihan," kata ahli gizi dan pelatih kebugaran pribadi, Isaac Robertson.

Untuk alasan itu, jika kita seorang pemula, pilihlah hula hoop yang berbobot karena lebih mudah ditangani dan lebih efektif daripada yang biasa.

"Kita juga akan membakar lebih banyak kalori saat mencoba memutarnya," ungkap dia.

Selain itu, Robertson menambahkan, apabila kita ingin mengurangi lemak di sekitar pinggang, hula hoop adalah yang terbaik.

Jadi, cobalah untuk memasukkannya ke dalam jadwal latihan harian kita.

2. Hula hoop standing twist

Baik itu memilih untuk menggunakan hula hoop berbobot (weighted hola hoop) atau versi yang biasa, pendiri Athlete Desk, Darryl Higgins, menyarankan untuk memasukkan standing twist ke dalam rutinitas latihan hula hoop.

"Dengan hula hoop, ini adalah salah satu cara paling dasar untuk berolahraga sambil menambahkan latihan yang hebat saat kita sedang menggunakan hula hoop untuk memutar dalam posisi berdiri guna mengecilkan perut," kata dia.

3. Hula hoop russian twist

"Rusia twists adalah latihan inti yang fantastis saat kita melakukannya dengan hula hoop," kata Julien Raby, pelatih kebugaran dan pendiri WodReview.com.

Menurut dia, russian twist luar biasa untuk membakar kalori. Gerakan ini juga sangat baik untuk perut dan kekuatan inti.

"Tingkatkan intensitas latihan atau gabungkan beban ke dalam rutinitas untuk membantu membakar lebih banyak kalori," sebut dia.

Mirip dengan gerakan standing twist, gerakan russian twist dilakukan sambil duduk di lantai sehingga kita dapat mengatasi gerakan memutar sambil memegang hula hoop dengan kedua tangan di depan dan bersandar ke belakang saat mengangkat kaki.

Ketika dalam posisi ini, putar hula hoop ke sisi kanan selama 5-10 detik sebelum memutar ke sisi kiri. Sekali lagi, tingkatkan jumlah repetisi dan set yang kita bisa lakukan.

4. Hula hoop v-sit

Higgins juga merekomendasikan kita untuk melakukan hula hoop v-sit yang menargetkan lemak perut.

"Ini adalah latihan yang membantu kita membangun inti yang kuat dan juga merupakan teknik tercepat untuk menurunkan berat badan, terutama di bagian perut," kata dia.

Sekali lagi, duduk dan pegang hula hoop di depan, lalu bersandar ke belakang, dan angkat kaki kita.

Dari sana, turunkan kaki, tetapi jangan sampai membentur lantai, lalu angkat kaki kembali kembali hingga tubuh dan kaki berada dalam posisi seperti huruf v.

Seperti biasa, tingkatkan jumlah repetisi dan set saat kekuatan kita meningkat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/08/160000020/4-tips-main-hula-hoop-untuk-mengecilkan-perut-buncit

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.