Salin Artikel

8 Ras Anjing yang Cocok Dipelihara Orang-orang Berusia 50 Tahun

KOMPAS.com - Beberapa ras anjing ternyata bisa menjadi teman baik bagi orang-orang yang sudah berusia di atas 50 tahun.

Apalagi, memiliki hewan peliharaan dapat memberikan segudang manfaat bagi orang lanjut usia (lansia), termasuk meningkatkan kesehatan emosional, mental, serta fisik.

Menurut jajak pendapat tentang penuaan yang sehat, sebanyak 86 persen pemilik hewan peliharaan berusia 50 hingga 80 tahun mengatakan bahwa hewan peliharaan mereka membuat mereka merasa dicintai.

Sementara 88 persen menjelaskan bahwa hewan peliharaan membantu mereka untuk menikmati hidup.

Nah, meskipun tidak semua anjing cocok untuk para lansia, namun perusahaan rumah perawatan Lottie menemukan bahwa anjing mendapat nilai tinggi sebagai hewan peliharaan terbaik untuk kesehatan mental, terutama jenis pug berwajah datar yang menjadi unggulan.

Ada pun anjing kecil lainnya yang ditemukan menjadi ras terbaik untuk mereka yang berusia 50 tahun ke atas adalah westie, shih tzu, dan cavalier.

"Sudah diketahui bahwa seiring bertambahnya usia, kita cenderung mencari kehidupan yang lebih tenang dengan kesenangan sederhana seperti berteman dengan teman berkaki empat di pedesaan," kata tim di Lottie.

"Studi kami menemukan bahwa anjing yang lebih kecil lebih disukai daripada ras yang lebih besar," lanjutnya.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, kami telah merangkum dari berbagai sumber mengenai daftar ras anjing yang cocok untuk dipelihara orang-orang berusia di atas 50 tahun sebagai berikut.

Tetapi, secara keseluruhan, ras anjing ini sangat mengikuti tingkat energi pemiliknya.

Pug juga merupakan ras yang sangat penyayang, merasa puas duduk di pangkuan pemiliknya, dan sering memberikan kita kasih sayang lewat ciumannya.

Dengan berat 5,8 hingga 9 kg, ras kecil ini cenderung tidak rapuh seperti pomeranian atau maltese.

Di samping itu, westie tetap membutuhkan perawatan tetapi tidak sesering anjing lain, jadi sangat cocok untuk para lansia yang mungkin tidak terlalu memiliki banyak energi lagi.

Dengan berat mulai dari 4 hingga 5,8 kg, ras ini juga sangat mudah untuk ditangani.

Dan meskipun shih tzu memiliki sedikit sifat keras kepala, tetapi sebagian besar dapat dilatih tanpa terlalu banyak kesulitan.

Jalan-jalan harian dan perawatan berkala sangat penting untuk ras anjing ini. Selain itu, shih tzu juga agak rentan terhadap masalah kulit dan sindrom brachycephalic.

Anjing kecil ini paling bahagia saat meringkuk bersama dengan pemiliknya.

Ras ini biasanya memiliki berat sekitar 4,9 hingga 8,1 yang mudah dirawat dan dilatih.

Cavalier juga memiliki beberapa kebutuhan perawatan seperti menyikat rambut secara teratur, membersihkan telinga, dan mungkin sesekali pergi ke groomer.

Secara keseluruhan, Cavalier paling disukai di antara mereka yang menyukai anjing pendamping kecil karena ras ini sangat cocok untuk tinggal di apartemen.

Anjing ini memiliki tiga ukuran yakni pudel mainan kecil, pudel mini kecil, atau pudel standar yang lebih besar.

Pudel juga merupakan sahabat yang setia dan penuh kasih sayang. Anjing ini pun dapat belajar dengan cepat dan beradaptasi dengan baik untuk semua jenis rumah tangga.

Jalan-jalan harian sudah cukup untuk sebagian besar pudel dan anjing ini tidak terlalu sulit ditangani karena hanya membutuhkan perawatan secara profesional setiap satu atau dua bulan sekali.

Ras ini sangat kecil sehingga kita dapat membawanya di dalam tas. Namun yang paling menarik, pom bisa menjadi teman yang penuh kasih sayang dan membahagiakan pemiliknya.

Pom juga sangat suka tidur di pangkuan pemiliknya dan bermain. Yang terpenting adalah ras anjing ini akan menikmati persahabatan dengan pemiliknya.

Kebutuhan perawatannya juga sederhana karena anjing ini hanya perlu ke groomer profesional untuk menjaga bulunya tetap terjaga.

Maltese juga cukup mudah untuk dilatih. Dengan berat hanya 1,8 hingga 3,1 kg, anjing ini sangat ringan dan kita membawanya di dalam tas jika sedang berpergian.

Dengan berat 10,8 hingga 13,6 kg, ras ini masih cukup kecil untuk ditangani kebanyakan orang.

Selain itu, corgi terbilang cerdas dan cukup mudah untuk dilatih. Anjing ini juga menggemaskan dengan kaki kecil yang pendek.

Sebagai anjing penggembala alami, corgi membutuhkan latihan rutin, tetapi berjalan kaki setiap hari sudah cukup.

Ras ini juga memiliki kebutuhan perawatan yang minimal dan memberikan kenyamanan yang luar biasa bagi pemiliknya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/06/15/122947620/8-ras-anjing-yang-cocok-dipelihara-orang-orang-berusia-50-tahun

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.