Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akankah Nike ISPA Link Jadi Masa Depan Alas Kaki?

KOMPAS.com - Label Nike membawa pembaruan corak warna pada koleksi sepatu perusahaan seri ISPA Link.

Sebelumnya, ISPA Link sudah dirilis dalam empat varian warna.

Kali ini, merek alas kaki yang berbasis di Oregon, Amerika Serikat itu mengeluarkan warna barley/desert moss dan black/medium olive.

Sejak lama, model sepatu yang menggabungkan desain sepatu basket dan sepatu hiking modern ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan sneakerhead.

Namun dalam kasus ISPA Link, Nike berfokus membuat sepatu yang memiliki masa pakai panjang dan berkelanjutan.

Hal itulah yang membuat ISPA Link layak dipertimbangkan sebagai masa depan alas kaki.

Keunikan sepatu ini adalah, seluruh bagian disatukan tanpa lem, tetapi menggunakan beberapa komponen yang saling dikaitkan sedemikian rupa agar tidak terlepas.

Pada umumnya desainer sepatu menggunakan lem dan material lain untuk menempelkan setiap komponen demi menghasilkan sepatu yang fleksibel dan memiliki daya tahan optimal.

Hanya saja cara pembuatan sepatu seperti ini menyebabkan kita kesulitan untuk membongkar dan mendaur ulang sepatu.

Diperlukan proses panjang yang dinamakan shredding untuk memisahkan bagian sepatu yang sudah dilem, dan pada akhirnya sepatu tidak bisa didaur ulang.

Tapi ISPA Link tidak demikian. Nike membuat ISPA Link agar bisa dibongkar untuk mengurangi jejak limbah karbon dan memungkinkan pengguna mendaur ulang sepatu ini.

ISPA Link menampilkan busa tebal di bagian insole, serta bagian atas yang dibuat lebih tinggi.

Sepatu ini dirancang untuk memberikan cengkeraman (grip) layaknya sepatu bot ketika berada di permukaan tanah, serta kenyamanan berjalan bagi penggunanya.

Darryl Matthews, Vice President Catalyst Footwear Product Design di Nike berkomentar terkait perilisan ISPA Link terbaru ini.

"Didesain dengan teknik, pembuatan dan pengembangan produk digital, sepatu ini benar-benar menjelaskan metode pembuatannya," sebutnya.

"Harapan kami, ide dan estetika ini menjadi normal, mempercepat kemampuan kami untuk membayangkan bagaimana sepatu akan terus berkembang di masa depan."

Nike ISPA dalam corak warna barley/desert moss atau black/medium olive dapat dibeli mulai 22 Juni besok, dengan harga 225 dollar AS atau sekitar Rp 3,2 juta per pasang.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/06/21/141758820/akankah-nike-ispa-link-jadi-masa-depan-alas-kaki

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke