Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tidak Semua Anjing Bisa Berenang

Tapi, apakah semua jenis anjing bisa berenang?

Menurut manajer praktik di Lake Austin Boulevard Animal Hospital Lenore Harrison, bertentangan dengan anggapan banyak orang, ternyata tidak semua jenis anjing dapat berenang.

Demikian penjelasan Harrison kepada The Dodo.

"Beberapa anjing tidak bisa mengapung, tetapi semua anjing mungkin berusaha berenang dengan gaya doggy."

Sebagian ras seperti labrador retriever dan anjing Portugis memang dikembangbiakkan untuk bisa berenang.

Namun, bulldog dan dachsund memiliki tipe tubuh yang membuat keduanya kesulitan berenang, karena ukuran kaki yang cenderung lebih pendek dan distribusi berat badan pada kedua ras anjing tersebut.

Tips membantu anjing yang tidak bisa berenang

"Kita bisa membantu menopang perut anjing dan bekerja sama dengan hewan itu layaknya kita kepada anak," catat Harrison.

"Tidak semua anjing senang bermain di air, jadi jangan pernah menempatkan hewan peliharaan dalam situasi stres yang dapat menakuti anjing. Perlahan-lahan perkenalkan anjing pada lingkungan baru."

Supaya anjing tidak merasa takut setiap kali melihat kolam renang, hindari melemparkan anjing ke dalam air atau memaksanya berenang jika hewan itu jelas-jelas tidak mau berenang.

Kita bisa membawa mainan untuk bermain bersama anjing di tepi air, sehingga anjing menjadi lebih nyaman dan tertarik untuk berenang.

Awali dari kolam yang dangkal terlebih dahulu, biarkan anjing membasahi kaki dan membiasakan diri dengan air.

Setelah anjing merasa nyaman, kita bisa membantu mengajari anjing berenang.

Pastikan kita tidak lupa mengajari anjing untuk keluar dari air.

Tips menjaga anjing di area kolam renang atau pantai

Meskipun anjing peliharaan pandai berenang, pemilik hewan wajib menjaga anjing agar tetap aman di sekitar kolam renang atau pantai.

"Kita bisa memberikan jaket pelampung pada anak anjing untuk membantu jika hewan itu berada di sekitar air atau kolam agar tetap aman," ujar Harrison.

"Pastikan jaket pelampung memiliki pegangan sehingga kita dapat dengan mudah memegang jaket tersebut demi keamanan."

Jaket pelampung akan membantu anjing tetap mengapung saat berenang, dan sangat diperlukan jika kita membawa anjing ke atas kapal.

Penggunaan jaket pelampung mencegah anjing tenggelam ketika hewan itu tidak sengaja jatuh dari kapal dan tercebur ke air yang dalam atau arus air yang deras.

Carilah jaket pelampung dengan pegangan di bagian belakang yang memiliki warna-warna cerah, sehingga kita dapat memantau keberadaan anjing di dalam air.

"Juga, jika mengunjungi lokasi baru dengan kolam, simpan jaket pelampung di tempat yang aman agar tidak jatuh," ungkap Harrison.

Satu lagi yang perlu dicatat, tubuh anjing dapat terbakar sinar matahari jika tidak mendapatkan perlindungan.

"Berhati-hatilah jika kita bermain di bawah sinar matahari, pastikan hewan peliharaan memiliki area yang aman dan teduh untuk menyejukkan diri," lanjut Harrison.

"Hewan peliharaan yang berbulu lebih terang memiliki risiko terbakar sinar matahari atau kanker kulit sama seperti manusia."

Pemilik hewan peliharaan dapat mengoleskan tabir surya di tubuh anjing untuk melindunginya dari paparan sinar matahari, terutama jika hewan itu berbulu pendek atau memiliki bulu berwarna terang.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/07/11/220000320/tidak-semua-anjing-bisa-berenang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke