Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Hal yang Wajib Dilakukan Ketika Chatting dengan Orang Lain

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan memang memudahkan orang untuk berkomunikasi, tapi beberapa hal berikut ini wajib diperhatikan.

Pasalnya, kemudahan bertukar pesan, berkas, dan foto atau video kadang menimbulkan kesalahpahaman karena kekeliruan mengetikkan kata dan menggunakan emoji.

Akibatnya adalah pesan yang dikirimkan tidak dapat dimengerti oleh penerima pesan, bahkan risiko yang terburuk dapat menyinggung perasaan orang lain.

Lebih parahnya lagi, pesan yang dikirimkan melalui aplikasi pesan instan menyebabkan permasalahan hukum karena kata-kata, foto, atau video yang dinilai tidak senonoh.

Etika chatting dengan orang lain

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ketika bertukar pesan dengan orang lain, ada beberapa tips yang wajib diperhatikan supaya chatting terasa nyaman.

Supaya lebih paham, simak yang berikut ini.

1. Berpikir sebelum mengirim pesan

Ada yang mengatakan bahwa orang sebaiknya berpikir dahulu sebelum bertindak. Anggapan ini agaknya sesuai dengan etika chatting yang baik dengan orang lain.

Hal tersebut penting untuk diperhatikan lantaran setiap pesan yang dikirimkan menggambarkan seperti apa si pengirim pesan dan ini jarang disadari.

Meski orang mengirim pesan satu arah dengan teman, mereka sebaiknya membedakan hal ini ketika chatting dengan teman kerja, klien, atau atasan.

Maka dari itu, penting untuk mempertimbangkan siapa orang yang diajak chatting supaya pesan yang dikirimkan dapat diterima dengan baik dan dimengerti.

2. Berkomunikasi dengan jelas

Penting untuk memastikan orang yang diajak chatting tidak bingung dengan pesan yang mereka terima untuk meminimalisir kemungkinan salah paham.

Berkomunikasi dengan jelas sangatlah penting bagi mereka yang membangun hubungan bisnis dengan orang lain supaya tidak kehilangan peluang.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, pertimbangkan pesan yang sudah dikirimkan sebelum dikirimkan kepada orang lain.

3. Segera balas

Menjadi orang yang fast respons memang melelahkan, tapi tak ada salahnya membaca dan membalas pesan dengan cepat karena hal ini menunjukkan perhatian kepada penerima pesan.

Jika pesan yang diterima belum semapt dibalas karena suatu alasan, beri tahu penerima pesan mengapa chat mereka tidak segera dibalas -termasuk meminta maaf.

Tapi, alangkah baiknya emoji atau simbol tidak dikirimkan secara sembarangan supaya tidak "mengotori" kolom chat dengan pesan yang tidak perlu.

Hal tersebut wajib diperhatikan siapa pun, terlebih ketika mereka berususan dengan klien untuk kepentingan bisnis.

5. Minta konfirmasi

Tidak sedikit orang yang merasa sakit hati apabila pesan panjang yang mereka kirimkan hanya dibalas secara singkat oleh penerima pesan.

Namun, jangan tersinggung apabila orang yang diajak chatting hanya mengirimkan pesan berupa "ya", "ok", "bisa", "sebentar", atau "siap".

Pesan seperti itu kemungkinan menunjukkan penerima pesan yang sedang sibuk sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk membalas pesan yang diterima.

Supaya lebih paham dengan maksud penerima pesan, tak ada salahnya meminta konfirmasi jika dibutuhkan, dengan cara menelepon atau bertemu langsung.

6. Bersabar

Bertukar pesan di aplikasi pesan instan sebaiknya diperlakukan sama ketika ngobrol dengan orang lain, termasuk cara mengirimkan pesan.

Jangan sampai pesan yang dikirimkan terlalu banyak sehingga mendominasi kolom chat dan orang yang diajak berkomunikasi tidak mempunyai kesempatan untuk membalas.

Karena alasan itulah penting untuk memberi ruang bagi orang lain yang diajak chattingan supaya mereka bisa membalas dan kirimkan pesan secukupnya.

7. Ketahui kapan harus mengakhiri chatting

Ngobrol melalui aplikasi pesan instan tidak jauh berbeda dengan komunikasi verbal atau tertulis laiinya.

Jadi, bersikaplah tanggap ketika orang lain memberi kode untuk menyudahi chatting dan jangan memaksa mereka untuk melanjutkan komunikasi -apalagi nge-spam.

Jika tidak berhati-hati, salah satu orang dapat membuat dirinya sendiri malu bahkan menyebabkan kebingungan dan rasa tersinggung jika salah mengirimkan pesan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/18/113934020/7-hal-yang-wajib-dilakukan-ketika-chatting-dengan-orang-lain

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.