Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Sederhana Rutinitas Skincare dan Cara Pilih Produk yang Tepat

Namun, dengan banyaknya produk skincare yang beredar di pasaran saat ini, hal tersebut bisa jadi sangat memusingkan dan menyulitkan kita dalam menentukan pilihan skincare mana yang tepat digunakan sehari-hari.

"Rutinitas skincare harus benar-benar disesuaikan berdasarkan jenis kulit dan apa tujuannya," kata dokter spesialis kulit, Dr Shilpi Khetarpal, MD.

"Untuk orang yang lebih muda, ini tentang melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi. Untuk seseorang yang berjerawat, ini tentang mengatasinya."

"Bagi seseorang yang memiliki kulit yang lebih dewasa, ini mungkin tentang mencegah garis-garis halus, perubahan warna, dan tanda-tanda penuaan lainnya," sambung dia.

Nah, untuk membantu rutinitas skincare jadi lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan kulit, Khetarpal pun merekomendasikan beberapa tips melalui panduan sederhana, seperti yang dilansir dari laman Cleveland Clinic berikut ini.

Rutinitas skincare pagi hari

"Biasanya, saya menganggap rutinitas pagi hari sebagai perlindungan kulit dan rutinitas malam hari sebagai perbaikan kulit," ungkapnya.

Khetarpal pun merekomendasikan untuk memulai dengan tiga produk ini di pagi hari:

• Pembersih

Menurut Khetarpal, mencuci wajah dengan pembersih yang lembut dan tidak mengandung obat bisa membersihkan kulit tanpa membuatnya terlalu kering.

• Krim, serum, atau face oil mengandung antioksidan

Kita juga bisa mencari sesuatu yang mengandung antioksidan seperti vitamin C atau E atau asam ferulat.

Studi menunjukkan antioksidan dapat menghidrasi dan mencerahkan.

Selain itu, antioksidan juga menawarkan perlindungan dari molekul-molekul di lingkungan kita (radikal bebas) yang dapat merusak kulit.

• Sunscreen

Gunakan sunscreen dengan setidaknya SPF 30 untuk melindungi kulit dari radiasi ultraviolet.

"Saya merekomendasikan sunscreen dengan iron oxide, zinc oxide, atau titanium dioxide," katanya.

Setelah melakukan langkah-langkah skincare yang sederhana ini, maka kita siap untuk memakai make up sebelum berpergian ke luar rumah.

• Menghapus make up

Khetarpal mengatakan bahwa sebagian besar pembersih tidak akan menghapus semua riasan kita, jadi kita perlu menghapusnya dengan make up remover terlebih dahulu.

Ada sejumlah produk yang dapat digunakan untuk menghapus riasan, termasuk tisu, micellar water, atau krim penghapus make up.

• Pembersihan

Selanjutnya kita dapat menggunakan pembersih lembut yang sesuai dengan jenis kulit.

"Kulit yang rentan berjerawat mungkin cocok dengan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida," kata Khetarpal.

Seseorang yang berusia 30-an atau 40-an mungkin memilih sesuatu dengan asam alfa hidroksi, seperti asam glikolat, yang mencerahkan kulit dan dapat membantu pigmentasi.

• Toner (opsional)

Jika kita tidak menggunakan make up remover sebelum mencuci wajah, menyeka dengan toner setelahnya dapat mengambil kotoran dan riasan tambahan.

Khetarpal merekomendasikan opsi ini untuk orang-orang yang cenderung memiliki kulit lebih berminyak.

"Beberapa toner berbasis alkohol dan dapat menghilangkan minyak alami dari kulit, tapi hati-hati jika menyebabkan kekeringan atau iritasi," sarannya.

• Krim malam

Sebagai langkah terakhir dalam rutinitas malam, oleskan krim berbasis vitamin A untuk membantu membangun kolagen baru dan menjaga kulit tampak muda.

Khetarpal merekomendasikan krim yang mengandung tretinoin, retinol, atau adapalene.

Jika krim tersebut membuat kulit kering, kita bisa menambahkan pelembap yang mengandung ceramide atau asam hialuronat di atasnya.

Khetarpal merekomendasikan untuk berinvestasi pada produk yang mengandung bahan-bahan yang didukung oleh studi ilmiah seperti yang dia sebutkan di atas.

"Produk yang benar-benar akan membantu kulit tidak selalu yang paling mahal," terangnya.

"Hanya karena sesuatu itu sangat mahal, bukan berarti itu akan membantu kulit kita. Dan hanya karena sesuatu itu alami, bukan berarti kkta tidak bisa alergi terhadapnya," jelas dia.

Karena banyak produk kecantikan yang mengandung bahan pengawet, bahan kimia, atau wewangian yang dapat mengiritasi atau mengeringkan kulit, ada baiknya untuk melakukan tes tempel produk baru satu per satu.

Khetarpal merekomendasikan untuk melakukan tes produk sedikit saja di belakang telinga dan di sepanjang garis rahang, lalu tunggu 1-2 hari untuk memastikan kulit tidak bereaksi sebelum mengaplikasikannya ke seluruh wajah.

Penting juga untuk diingat bahwa tidak ada produk yang secara instan dapat memberikan dampaknya secara langsung pada kulit.

Jadi, kita tetap perlu memerhatikan apa yang kita konsumsi dari dalam dan bagaimana pola hidup sehari-hari seperti mengelola stres dengan baik, tidur cukup, hingga aktif berolahraga.

Dan, untuk mengetahui skincare apa yang terbaik, sebenarnya kita hanya membutuhkan produk yang mampu menjaga kulit tetap bersih, lembap, dan terlindungi dari sinar matahari.

Dalam beberapa kasus, dokter kulit mungkin akan merekomendasikan obat resep atau krim topikal jika kita memiliki kondisi tertentu seperti jerawat kistik.

Untuk itu, pastikan agar kita bisa berkonsultasi dengan dokter kulit mengenai gejala terkait kulit tertentu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/21/124936920/panduan-sederhana-rutinitas-skincare-dan-cara-pilih-produk-yang-tepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke