Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Ras Anjing Aktif dan Senang Bermain, Bisa Jadi Peliharaan yang Asyik

Artinya, kita perlu memilih anjing dari ras yang tepat da memiliki energi berlimpah.

Namun harus diingat jika anjing yang lincah memiliki tenaga berlebih dan bisa stres jika tidak diajak bermain atau latihan.

Tapi tenang saja, melatih anjing yang aktif umumnya tidak sulit, dan mudah bersosialisasi dengan orang dan anjing lain, sehingga kita bisa sedikit tenang.

Ras anjing yang aktif dan senang bermain

Lantas, apa saja ras anjing aktif dan senang bermain itu?

Dilansir dari The Spruce Pets, berikut lima di antaranya.

Anjing aktif dan senang bermain pertama adalah labrador retriever yang tergolong anjing besar.

Mereka memiliki kepribadian yang lucu dan sangat suka segala hal yang berhubungan dengan bermain, seperti permainan lempar tangkap dan bermain air.

Ras anjing ini sebenarnya berasal dari Newfoundland dan dibiakkan dari anjing air, sebelum akhirnya dibawa ke Inggris untuk bekerja sebagai waterfowl retriever.

Labrador retriever yang dikenal sebagai anjing ramah dan tidak agresif ini pun akhirnya diakui oleh American Kennel Club pada tahun 1917, dan akhirnya menjadi salah satu ras anjing terpopuler yang disukai banyak orang.

Berotot dan atletis, boxer merupakan ras yang awalnya dikenal sebagai anjing petarung dan memiliki sifat pemberani, cerdas, serta setia.

Karena itulah, tak mengherankan bila boxer sering dijadikan anjing pemburu, penjaga, hingga kurir.

Di luar pekerjaannya itu, boxer juga merupakan salah satu ras anjing yang paling banyak dicari sebagai anjing peliharaan keluarga karena sifatnya yang aktif dan senang bermain, terutama bersama pemiliknya.

Boxer juga umumnya selalu bahagia dan energik, sehingga sangat coock bagi rumah dengan penghuni yang tak kalah aktif.

Namun jika punya anak kecil, mungkin boxer bukan anjing yang cocok untukmu, karena terkadang boxer terlalu bersemangat dan bisa membahayakan anak-anak.

Jika bicara soal anjing kesayangan keluarga yang dikenal aktif, tentu saja golden retriever harus ada dalam daftar.

Sebab, anjing besar dengan bulu panjang keemasan ini bukan hanya setia dan cerdas, namun juga konyol dan tidak bisa diam.

Lalu sama seperti labrador retriever, anjing satu ini juga senang bermain air, lempar tangkap, dan akan menemani kita ke mana pun kita pergi.

Hebatnya lagi, golden retriever juga sangat cocok menjadi teman manusia dari segala usia, dan bisa akrab dengan banyak hewan lainnya.

Anjing yang merupakan kerabat jauh Malamute dan Samoyed ini juga sempat dipelihara oleh Ratu Victoria pada akhir tahun 1800-an, membuatnya mulai populer di area Eropa.

Soal sifat, pomeranian merupakan anjing yang menyukai segala hal menyenangkan, dan penyayang, meski terkadang sedikit keras kepala.

Ras anjing satu ini sangat senang berlarian, melompat, dan bermain setiap saat.

Australian shepherd juga dikenal sangat lincah dan pintar saat bermain lempar tangkap, meski tetap saja anjing satu ini lebih sering dijadikan anjing gembala.

Namun jika ingin memeliharanya, kita perlu bersiap-siap untuk memberi anjing berukuran medium ini stimulasi mental dan fisik dengan frekuensi yang cukup sering agar dapat tumbuh dengan baik.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/01/04/154555720/5-ras-anjing-aktif-dan-senang-bermain-bisa-jadi-peliharaan-yang-asyik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke