Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kakek Berusia 82 Tahun Jual Trading Card Michael Jordan Palsu, Untung hingga Rp 12,3 Miliar

KOMPAS.com - Usia lanjut rupanya tidak serta-merta membuat seseorang menjadi pribadi yang berperilaku baik.

Buktinya, seorang lansia asal Colorado, Amerika Serikat, bernama Mayo Gilbert McNeil didakwa akibat diduga menjual dan menukarkan trading card (semacam kartu bergambar yang bisa dikoleksi, diperjualbelikan, dan ditukar) bertema olahraga palsu pada Rabu (8/3/2023).

Jaksa mengatakan, kartu rookie Fleer Michael Jordan rilisan tahun 1986 yang langka pun menjadi salah satu produk palsu yang dijual McNeil.

Dikutip dari NY Post, Kantor Kejaksaan AS untuk Distrik Timur New York melaporkan, kakek berusia 82 tahun itu mencari korbannya di internet dan platform jual beli daring lainnya, lalu menipu mereka, menghasilkan uang sekitar 800.000 dollar AS (sekitar Rp 12,3 miliar). Penipuan ini terjadi pada tahun 2015 hingga 2019.

FBI yang menangani kasus ini bersama Kepolisian New York juga mengatakan, ada beberapa korban yang menukarkan trading card bertema olahraga orisinal miliknya dengan kartu-kartu palsu milik McNeil.

“Perlindungan dari penipuan berlaku untuk semua konsumen, terlepas dari asalnya,” ujar Jaksa Penuntut AS Breon Peace dalam sebuah pernyataan.

“Seperti yang dituduhkan, terdakwa mengatur skema jangka panjang untuk menipu penggemar industri trading card dan memorabilia bertema olahraga. Kantor kami berkomitmen untuk menangani pemalsuan di semua tingkat pasar," lanjutnya.

Lebih lanjut, satu orang korban asal Manhasset di Long Island, membayar lebih dari 4.500 dollar AS (sekitar Rp 69,4 juta) pada McNeil hanya untuk mendapatkan kartu Michael Jordan palsu pada 2019.

Sementara itu korban lainnya yang berasal dari Michigan, mengirimkan dua kartu football asli dengan foto Tom Brady dan menukarkannya dengan dua kartu Jordan palsu.

Jaksa juga mengatakan, McNeil mengklaim bahwa kartu yang ia tawarkan telah dinilai oleh sebuah perusahaan otentikasi profesional, tetapi nyatanya kartu tersebut palsu.

McNeil diperkirakan akan diadili di Big Apple di kemudian hari.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/03/10/063833920/kakek-berusia-82-tahun-jual-trading-card-michael-jordan-palsu-untung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke