Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Singkat dan Sederhana demi Meraih Umur Panjang

Terlepas dari rutinitas untuk mendapat umur panjang dari para selebritas dan orang kaya dengan dana yang besar, beberapa kiat kesehatan terbaik bisa dilakukan secara gratis, dan tidak membutuhkan banyak waktu.

Ilmu pengetahuan menunjukkan, beberapa kebiasaan sehari-hari yang sederhana - termasuk olahraga, makan sehat, menjaga hubungan sosial, dan mengurangi stres - dapat menambah harapan usia hingga hingga puluhan tahun.

Memasukkan beberapa kebiasaan berikut ini ke dalam rutinitas harian pun dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jangka panjang, meski dilakukan hanya dalam beberapa menit sehari.

  • Bergerak

Bukan rahasia lagi, aktivitas fisik secara teratur adalah bagian penting dari gaya hidup sehat.

Ada banyak bukti yang menunjukkan, tidak banyak bergerak bisa mematikan.

Pedoman biasanya merekomendasikan setidaknya 150 menit seminggu untuk olahraga ringan, 75 menit olahraga berat, atau kombinasi keduanya.

Namun, semakin banyak penelitian yang menunjukkan, kita dapat memeroleh manfaat kesehatan dari olahraga tanpa menghabiskan waktu berjam-jam di gym.

Ya, rehat sejenak lalu bangun dan bergerak sepanjang hari dapat membantu, meskipun kita hanya menambahkan beberapa ribu langkah -misalnya.

Sebuah penelitian menunjukkan, sekitar 4-6 menit gerakan yang memompa jantung, yang dilakukan sepanjang hari, cukup untuk menurunkan risiko kematian dini.

Penelitian lain menunjukkan, gerakan intens yang sama setiap hari dapat secara signifikan mengurangi risiko kanker.

Dan sebuah penelitian lain yang berbeda menemukan, risiko kematian dini yang lebih rendah dikaitkan dengan hanya 11 menit latihan aerobik seperti berjalan kaki, melakukan pekerjaan rumah tangga yang berat, atau menari.

  • Kencangkan otot

Ada banyak manfaat kesehatan yang jelas terkait dengan latihan aerobik yang membuat jantung berdetak kencang.

Namun otot yang kuat dan sehat juga sama pentingnya untuk penuaan dengan sehat.

Ada penelitian yang mengungkap, kombinasi latihan kardio dan latihan kekuatan mungkin ideal untuk umur panjang dan sehat.

Tetapi, meskipun angkat besi adalah cara yang bagus untuk membentuk otot, itu bukan satu-satunya pilihan.

Latihan seperti wall sit dan plank, terbukti dapat menurunkan tekanan darah, selain bermanfaat bagi kekuatan.

Jenis gerakan yang dikenal sebagai latihan isometrik ini juga berdampak rendah pada persendian.

Menggunakan berat badan sendiri untuk membangun kekuatan dapat membantu memasukkan lebih banyak latihan ke dalam hari di luar gym.

Dengan demikian, kita dapat tetap aktif, berenergi, dan tahan lama selama beberapa dekade mendatang.

  • Karbohidrat sehat

Nutrisi yang baik adalah faktor kunci lain dalam hidup sehat, dan kita tidak perlu merombak seluruh hidup.

Alih-alih rencana makan yang membatasi, ahli diet merekomendasikan untuk menambahkan lebih banyak makanan ke dalam menu harian, dalam bentuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang kaya karbohidrat.

Makanan nabati utuh mengandung vitamin dan mineral serta serat, jenis karbohidrat yang terkait dengan risiko lebih rendah dari penyakit mematikan seperti kanker usus.

Beberapa orang yang berumur panjang di dunia mengonsumsi banyak makanan berserat tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran.

Untuk menambah asupan nutrisi tanpa perlu repot-repot menyiapkannya, pilihlah camilan sehat seperti buah beri dengan cokelat hitam, campuran buah kering dan kacang-kacangan, atau keju cottage dengan sayuran dan biskuit gandum.

  • Nikmati kopi, teh, dan cokelat hitam

Ada juga bukti, mikronutrien nabati lainnya seperti polifenol dan antioksidan dapat memiliki efek perlindungan terhadap penyakit kronis.

Beberapa sumber terkaya nutrisi ini mungkin sudah ada di dapur kita, dalam bentuk minuman atau makanan manis favorit.

Kopi mengandung banyak senyawa yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Baik teh hijau maupun teh hitam mengandung zat-zat yang sama bermanfaatnya, jadi secangkir minuman favorit di sore hari juga baik untuk kesehatan.

Sebagai tambahan, tambahkan sedikit cokelat hitam untuk mendapatkan tambahan flavonoid yang menyehatkan jantung. 

  • Hubungi teman atau orang yang dicintai

Salah satu sumber masalah kesehatan yang mengejutkan di AS adalah kurangnya hubungan sosial.

Bukti baru menunjukkan, kesepian bisa berdampak buruk bagi kesehatan jangka panjang seperti halnya merokok.

Beberapa lansia yang hidup paling lama dan paling aktif di planet ini menunjukkan, rasa kebersamaan yang kuat merupakan sumber energi, motivasi, dan rasa awet muda.

Seorang atlet berusia 96 tahun, misalnya, bersumpah untuk melakukan panggilan telepon setiap hari dengan teman dan keluarga agar tetap bersemangat secara mental dan fisik.

Meskipun diperlukan usaha untuk menjaga hubungan yang baik, komunikasi yang teratur adalah kuncinya, kata para ahli kesehatan.

Bahkan ada cara ilmiah untuk menjadi teman yang lebih baik - meluangkan waktu untuk berbagi apa yang ada di pikiran.

Juga sama pentingnya, mendengarkan dengan penuh perhatian kepada orang yang kita cintai, semuanya dapat membantu kita menjalin dan mempertahankan hubungan yang langgeng.

  • Melatih pernapasan

Stres memang tidak dapat dihindari, tetapi terlalu banyak stres dapat mengganggu kesehatan.

Kondisi tersebut nyata dapat memperburuk kesehatan jantung, mengganggu sistem kekebalan tubuh, dan bahkan mempersulit kita untuk memertahankan kebiasaan baik lainnya, seperti diet bergizi dan olahraga teratur.

Meskipun kita mungkin tidak dapat menghilangkan semua sumber stres dalam hidup, teknik-teknik yang terlihat mudah dapat membuatnya lebih mudah untuk dikelola.

Latihan pernapasan, atau meluangkan waktu secara sengaja untuk fokus pada tarikan dan hembusan napas, terbukti menjadi strategi yang efektif untuk mengurangi stres.

Hanya dengan latihan napas selama lima menit sehari dapat memberikan kelegaan yang sangat penting dari pemicu stres sehari-hari, dan bahkan menurunkan tekanan darah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/08/03/132007020/6-cara-singkat-dan-sederhana-demi-meraih-umur-panjang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke