Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Hal Utama di Pagi Hari dalam Praktik Mindfulness

Dan kamu pun ingin memanfaatkan alat pengembangan pribadi yang luar biasa ini? Tapi bagaimana kamu benar-benar mempraktikkannya?

"Saya juga sempat merasa sangat bingung. Tapi akhirnya saya menyadari betapa sederhananya mindfulness itu."

Demikian kata Tina Fey, pendiri blog Love Connection, yang aktif berbagi nasihat dengan bekal ilmu psikologi dan gelar Master bidang perkawinan, keluarga, dan konseling hubungan, yang disandangnya.

Tina Fey lantas menyebutkan, yang diperlukan hanyalah beberapa kebiasaan utama. Terutama di pagi hari, karena ini akan menentukan suasana hati kita sepanjang hari.

Berikut adalah tujuh kebiasaan yang bisa diterapkan dalam rutinitas harian, yang membantu kita untuk tetap mindful.

1. Tetapkan waktu bangun yang konsisten dan masuk akal

Kita mungkin pernah mendengar tentang keajaiban pagi hari, yang menggembar-gemborkan manfaat bangun pagi untuk produktivitas dan kesadaran.

"Tapi saya harus jujur - saya benci bangun pagi. Saya tidak pernah menyukainya, dan saya tidak akan pernah bisa melakukannya," cetus Fey.

"Jadi saya menemukan pendekatan yang berbeda yang masih membantu untuk tetap waspada di pagi hari. Dan menurut saya, hal ini bermuara pada dua hal," kata dia lagi.

Pertama, tentang memiliki waktu bangun yang konsisten. Kita tidak bisa bangun jam 6 pagi pada suatu hari, dan jam 11 pagi di hari berikutnya, lalu ingin tetap berada di jalur yang tepat dengan tujuan dan niat kita.

Dan yang kedua, ini adalah tentang memiliki waktu yang cukup di pagi hari untuk melakukan hal-hal yang ingin dilakukan tanpa harus terburu-buru.

"Secara pribadi, saya suka menikmati secangkir kopi sambil menulis jurnal tentang niat saya untuk hari yang menjelang," sebut Fey.

"Saya harus memastikan bahwa saya memiliki setidaknya 20 menit waktu luang di pagi hari untuk mempertahankan kebiasaan ini, dan hal ini sangat membantu untuk memanfaatkan hari yang ada di depan saya."


2. Hindari teknologi di pagi hari

Jika kamu seperti kebanyakan orang, kamu mungkin mematikan alarm di pagi hari dan langsung membuka Instagram, email, atau mulai bermain-main dengan ponsel.

Tapi jika kamu ingin menjadi orang yang penuh perhatian, itu adalah kebiasaan yang harus dihilangkan.

Karena ketika kita melakukan hal ini, maka kita mengizinkan orang lain untuk menentukan apa yang akan kita pikirkan di pagi hari.

Dan yang terburuk adalah, kita tidak memiliki kendali atas apa yang akan terjadi.

Mungkin kita akan menemukan gulungan kucing yang konyol, atau mungkin kita akan terjebak dalam membaca sebuah argumen di bagian komentar.

Dan percaya atau tidak, hal ini bisa sangat mempengaruhi. Pikiran adalah sebuah papan tulis kosong di pagi hari, dan apa pun yang kita izinkan masuk akan membentuk pikiran pertama kita.

Jadi, berikan diri satu jam waktu bebas dari layar di pagi hari. Biarkan diri terhubung dengan pikiran otentik kita sendiri.

3. Meditasi atau berikan waktu bagi pikiran

Kebiasaan berikutnya ini tidak akan mengejutkan, karena hampir semua buku pengembangan diri dan pelatih di luar sana merekomendasikan meditasi.

"Dan saya akui, saya tidak ikut-ikutan melakukan hal ini sampai pada tahap yang sangat akhir," sebut Fey.

"Karena saya pikir hanya ada satu cara yang benar untuk bermeditasi, dan saya tidak pernah bisa duduk diam dan fokus pada pernapasan saya dalam waktu yang lama, atau menjernihkan pikiran, apa pun artinya."

"Namun pada suatu titik, karena betapa sibuknya hidup, saya mendapati pikiran saya dipenuhi oleh berbagai macam pikiran."

"Jadi saya mulai memberi diri saya 'waktu hening' di pagi hari, di mana saya hanya duduk dan hadir dengan pikiran saya," tutur Fey.

Dari kebisaan itu, Fey menyadari, betapa besar perbedaan yang terjadi sepanjang hari. Pikiran akhirnya memiliki ruang untuk menyuarakan apa yang ada di dalamnya.

Hal ini juga membantu dalam menentukan apa yang harus difokuskan sepanjang hari.

"Untuk alasan ini, saya selalu membawa pulpen dan kertas saat melakukan hal ini, jadi saya bisa menuliskan apa pun yang penting yang saya pikirkan," kata dia.

"Saya tahu ini bukan apa yang kamu pikirkan saat mendengar 'meditasi', tetapi ini adalah versi pribadi saya, dan benar-benar membantu saya memulai hari dengan benar,' ungkap Fey.


4. Makan, mandi, dan bersiap dengan penuh perhatian

Makan, mandi, dan bersiap sering kali merupakan kegiatan yang kita lakukan dengan tergesa-gesa.

Namun mengubahnya menjadi pengalaman yang penuh perhatian bisa menjadi transformasional.

Pikirkanlah tentang hal ini. Kita menutrisi tubuhdengan makanan, membersihkan diri dengan mandi, dan merawat penampilan.

Ini bukan hanya tugas; ini adalah tindakan mencintai diri sendiri dan menghargai diri sendiri.

"Inilah yang saya lakukan: Saya meluangkan waktu untuk mencicipi makanan saya, merasakan air di kulit saya, dan memilih pakaian dengan seksama."

"Saya mengingatkan diri saya sendiri bahwa saya layak mendapatkan perhatian ini, dan ini bukan tentang membuat orang lain terkesan, tetapi menghormati diri saya sendiri," sebut dia.

Manfaatnya pun luar biasa. Fey mengaku merasa lebih terhubung dengan diri sendiri, lebih membumi, dan siap menghadapi apa pun yang ada di hadapannya. 

Pada awalnya, hal ini mungkin menantang untuk dilakukan, karena kita ingin memulai hari sesegera mungkin.

Lalu, mungkin sulit untuk mengesampingkan kekhawatiran agar fokus pada sesuatu yang tampak biasa.

"Itulah mengapa saya secara pribadi melakukan langkah ini setelah bermeditasi, sehingga pikiran saya sudah memiliki waktu untuk didengar."

Kemudian, kebiasaan ini memberikan istirahat bagi pikiran sebelum kita mengerjakan tujuan dan tugas-tugas.

5. Berlatihlah bersyukur

Apa yang kita syukuri? Ini adalah pertanyaan yang direnungkan oleh orang-orang yang penuh kesadaran di awal hari.

Media sosial mungkin membuat kita berpikir bahwa ini hanya tentang mengucapkan "terima kasih" atau mengatakan pada diri sendiri, "saya bersyukur".

Tapi sebenarnya, ini adalah tentang mengenali dan menghargai hal-hal baik dalam hidup.

Ada banyak cara untuk menerapkan praktik ini ke dalam hidup. Beberapa orang suka menuliskan tiga hal yang mereka syukuri dalam hidup.

Ada juga yang memberikan waktu dua menit untuk diri mereka sendiri, dan menuliskan sebanyak mungkin hal yang mereka syukuri - sesuatu seperti "amukan rasa syukur".

"Secara pribadi, saya menggunakan metode yang berbeda: Saya menuliskan tiga hal yang saya syukuri tentang hari yang akan datang, seolah-olah hal itu sudah terjadi," kata Fey.

"Sebagai contoh, jika saya harus melakukan presentasi di tempat kerja dan kemudian saya bertemu dengan beberapa teman."

"saya mungkin mengatakan 'saya bersyukur atas kepercayaan diri saat presentasi, dan kemampuan mendengarkan yang baik yang membuat saya menjadi teman yang baik."

"Hal ini mungkin terdengar tidak biasa, tetapi ini membantu memandu saya untuk mengambil tindakan yang tepat sepanjang hari untuk memaksimalkannya," ucap Fey.


6. Rencanakan hari dengan tujuan

Orang yang penuh perhatian tidak membiarkan hari berlalu dan berjalan begitu saja; mereka merencanakannya.

Namun, ini bukan hanya tentang menuliskan daftar tugas. Ini tentang menyelaraskan aktivitas harian dengan tujuan dan nilai yang lebih luas.

"Setiap pagi, saya meluangkan waktu beberapa menit untuk memetakan hari saya."

"Namun, saya tidak hanya membuat daftar tugas; saya juga memikirkan mengapa tugas-tugas tersebut penting dan bagaimana tugas-tugas tersebut sesuai dengan gambaran saya yang lebih besar."

"Misalnya, saya tidak hanya menulis, 'pergi ke gym'. Saya menulis, 'berolahraga untuk merasa kuat dan tetap sehat'. Pergeseran perspektif ini membantu saya melihat makna di balik tindakan saya," kata Fey.

"Hal ini juga membantu saya memilih kegiatan yang tepat untuk mengisi hari saya."

"Ini yang benar-benar akan membantu saya bergerak menuju kehidupan yang ingin saya ciptakan untuk diri saya sendiri," kata Fey.

Jadi, ini bukan hanya praktik mindfulness yang kuat, tetapi juga cara untuk membantu kita tetap berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan.

7. Baca atau dengarkan sesuatu yang menginspirasi

Kebiasaan pagi yang baik lainnya bagi orang-orang yang mindfulness adalah menyerap sesuatu yang positif dan menginspirasi.

"Dulu ketika saya memiliki banyak waktu luang karena saya belum bekerja, saya akan menyisihkan waktu 30-60 menit untuk membaca di pagi hari."

"Namun tentu saja, hidup dengan cepat menjadi sibuk dan saya tidak punya waktu untuk melakukan hal ini lagi."

"Tapi saya benar-benar kehilangan 'makanan pikiran' di pagi hari yang membantu menempatkan saya dalam pola pikir yang positif."

"Jadi saya menemukan solusi alternatif: mendengarkan podcast dan buku audio," ungkap Fey.

"Ini adalah sesuatu yang bisa saya lakukan bahkan saat bepergian dengan transportasi umum atau menyiapkan kopi pagi saya."

"Saya juga akan mencoba memilih podcast yang relevan dengan tujuan yang sedang saya kerjakan saat ini:"

"Misalnya, 'bagaimana berbicara dengan percaya diri', ketika saya memiliki presentasi besar yang akan datang," kata dia. 

Sekarang kita bisa membayangkan tujuh kebiasaan luar biasa yang dilakukan untuk menjadi orang yang mindfulness di awal hari.

Ketika kita mendapatkan kebiasaan ini satu per satu, kita melihat hidup akan bergeser ke visi yang kita miliki untuk diri kita sendiri.

Dan jika kita mulai mempraktikkan kebiasaan pagi ini, kita pasti juga akan melakukannya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/08/11/110000920/7-hal-utama-di-pagi-hari-dalam-praktik-mindfulness-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke