Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Uniqlo Buka Toko Ke-67 dengan Layanan Mempercantik Pakaian Lama

KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun, perusahaan asal Jepang, Uniqlo membuka toko terbarunya di La Piazza yang merupakan toko ke-67 di Indonesia pada hari ini, 10 November 2023.

Toko ini bisa disebut unik karena untuk pertama kalinya di Indonesia, Uniqlo menyediakan layanan perbaikan serta penambahan aksesori untuk memperpanjang masa penggunaan pakaian serta menjadikannya lebih bernilai lewat Re.Uniqlo Studio.

“Pembukaan toko baru ini merupakan upaya untuk lebih dekat dengan pelanggan serta di momen yang sama bisa meluncurkan Re.Uniqlo Studio pertama di Indonesia," ujar Irma Yunita, Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia (Uniqlo).

Hingga saat ini, layanan Re.Uniqlo Studio tersedia di 35 toko di 16 negara di seluruh dunia. Di Asia sendiri, Re.Uniqlo Studio tersedia di Tiongkok, Jepang, Malaysia, Singapura, Taiwan dan Thailand, sehingga Indonesia menjadi negara ke-7 di Asia yang menyediakan layanan tersebut.

Sebelumnya Uniqlo juga aktif mengumpulkan pakaian yang sudah tidak digunakan melalui recycle box yang disediakan di toko Uniqlo di seluruh Indonesia untuk didonasikan hingga didaur ulang (upcycle) menjadi pakaian baru.

"Kami lihat sebagian besar pelanggan telah memiliki kesadaran yang baik terkait isu keberlanjutan ini serta bisa memberi value lebih pada pakaian dan menggunakannya dalam jangka waktu lama. Harapannya, Re.Uniqlo Studio bisa memfasilitasi dan mengajak pelanggan Uniqlo berkontribusi untuk dunia yang lebih baik,” lanjut Irma.

Berikut adalah layanan yang ditawarkan oleh Re.Uniqlo Studio, yakni :

1. Repair

Layanan perbaikan pakaian Uniqlo yang rusak, misalnya robek atau berlubang, agar bisa digunakan kembali.

Pelanggan bisa membawa koleksi LifeWear nya yang ingin diperbaiki dan staf terlatih siap membantu memperbaikinya dari mulai keliman celana panjang, menjahit kancing hingga menambal lubang.

2. Remake: Embroidery

Uniqlo kini dapat memberikan layanan kustomisasi melalui embroidery. Pelanggan dapat memilih tampilan embroidery berupa gambar ataupun kata untuk menjadikan pakaiannya menjadi semakin personal dan menarik.

Terdapat 60 desain gambar tersedia di layanan embroidery ini, selain itu pelanggan juga dapat memilih personalisasi kata sesuai dengan preferensinya, seperti nama, inisial dan lainnya.

3. Reuse

Uniqlo mengumpulkan pakaian yang sudah tidak digunakan dari para pelanggan melalui Recycle Box yang disediakan di toko Uniqlo di seluruh Indonesia untuk kemudian didonasikan kepada yang membutuhkan.

Di Indonesia inisiatif ini sudah dilakukan sejak tahun 2019 dan mendapat sambutan yang luar biasa dari pelanggan. Seperti pada periode Hari Raya bulan April 2023 lalu, lebih dari 5.000 pakaian layak pakai berhasil dikumpulkan dari pelanggan dan telah disalurkan untuk masyarakat Indonesia yang membutuhkan melalui Human Initiative.

Secara global, Uniqlo telah mendonasikan lebih dari 46 juta pakaian ke 79 negara dan daerah. Recycle Box ini juga tersedia di Re.Uniqlo Studio.

Menurut Yulia Rachmawati, Corporate PR and Sustainability Manager Uniqlo Indonesia, Uniqlo telah menerapkan bisnis berkelanjutan sejak 21 tahun yang lalu. Uniqlo berkomitmen memproduksi pakaian yang bertanggung jawab, dan mewujudkan lingkungan, masyarakat, dan manusia yang sehat.

Uniqlo juga mengembangkan teknologi yang menciptakan pakaian-pakaian baru seperti Fluffy Yarn Fleece, di mana 30% dari bahan-bahannya dibuat dari kepingan poliester dari botol plastik yang digunakan kembali, Dry-Ex yang menggunakan polyester yang dibuat dari botol plastik, dan Recycle Down yang 100% dibuat dari recycled down dan bulu, hingga memanfaatkan teknologi Blue Cycle Jeans untuk mengurangi jumlah air yang digunakan dalam proses finishing jeans hingga 99%.

Toko baru, pengalaman baru

Adapun toko baru Uniqlo ini berlokasi di La Piazza lantai 1, Sentra Kelapa Gading Jakarta Utara. Dengan luas 2018 meter persegi, Uniqlo La Piazza terbagi menjadi beberapa section diantaranya koleksi atasan seperti kemeja kerja dan kasual, T-Shirt dan kaos polo serta koleksi UT atau Unoqlo T-Shirt dengan berbagai kolaborasi seperti Meitantei Conan, Hokusai : Art of Water, Attack on Titan, dan Jujutsu Kaisen Season 2.

Ada juga koleksi gaun dan bawahan, koleksi sport utility wear dan proteksi sinar UV yang mendukung aktivitas di luar ruangan, koleksi jaket dan sweat untuk luaran, koleksi Fleece, koleksi Loungewear dan Innerwear, koleksi Heattech yang cocok digunakan saat berada di tempat bercuaca dingin dan koleksi AIRism, hingga koleksi pakaian untuk bayi dan anak-anak.

Selama periode pembukaan pada 10-16 November 2023, Uniqlo La Piazza menyediakan berbagai promo dan penawaran terbatas.

Tidak hanya itu, untuk setiap pembelian 2 buah Uniqlo T-Shirt (UT) di La Piazza, pelanggan akan mendapatkan koin yang dapat ditukarkan dengan satu permainan khas Jepang, Gachapon dan penawaran ini hanya berlaku 3 hari saja mulai 10-12 November 2023.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/11/10/080552920/uniqlo-buka-toko-ke-67-dengan-layanan-mempercantik-pakaian-lama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke