Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Membuat Tanaman Hias Palsu Terlihat Asli

Tetapi, jika kita bukan orang yang tekun dalam merawat tanaman atau kondisi pencahayaan rumah yang kurang baik, maka tanaman hias palsu bisa menjadi alternatif.

Apalagi, saat ini kita dapat menemukan beragam tanaman palsu yang berkualitas bagus untuk dipilih. Beberapa bahkan benar-benar terlihat seperti asli.

Namun, apabila kita menemukan beberapa tanaman palsu yang terlihat sangat plastik, berikut ada beberapa hal yang dapat dilakukan lakukan untuk membuatnya tampak seperti tanaman hias asli.

1. Merapikan daun-daunnya

Ketika membeli tanaman palsu dan memasukkannya ke dalam tas belanja, kemungkinan besar kita mengeluarkannya dengan keadaan tanaman sedikit miring.

Dan jika daunnya terlipat, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menggunakan mesin uap (steamer) untuk merapikannya.

Ini akan membuat daunnya lebih realistis, karena tanaman hias asli biasanya tidak memiliki daun yang kusut.

Tapi, berhati-hatilah saat melakukan ini, agar kita tidak membakar diri sendiri, atau daunnya.

2. Memangkasnya sedikit

Cara lain untuk membuat tanaman palsu terlihat seperti asli adalah dengan memangkasnya.

Sangat jarang tanaman asli memiliki daun yang semuanya terlihat sama persis, jadi tanaman palsu juga tidak akan terlihat seperti itu.

Pangkas sedikit daun untuk membuatnya lebih kecil atau untuk memberikan bentuk yang sedikit berbeda.

Lalu, kita bisa menggunakan potongan-potongan yang tersisa untuk membuat daun-daun kecil yang bisa direkatkan di ujung tanaman rambat.

3. Gantung tanaman rambat di dinding

Menggantung tanaman rambat palsu di dinding adalah dekorasi yang terinspirasi dari alam.

Jika ingin mencobanya, kita harus membuat daunnya terlihat rata.

Tanaman palsu biasanya terlihat cukup realistis saat kita melihat bagian atas daun, tapi saat kita melihat bagian bawahnya, ilusi itu akan hilang.

Hindari hal itu dengan menggunakan perekat guna menempelkan daun ke dinding.

Dan jika kita ingin menggantung tanaman merambat di dinding, pastikan untuk menyembunyikan salah satu ujungnya atau meletakkannya di dalam pot agar tidak terlihat seperti mengambang.

4. Tambahkan tanah asli ke pot tanaman palsu

Jika menemukan tanaman palsu yang sangat keren di dalam pot, menambahkan tanah di bagian atasnya bisa membuatnya terlihat nyata.

Ada begitu banyak tanaman palsu yang hadir dalam pot yang indah, tetapi bagian atasnya bisa terlihat seperti permukaan taman bermain.

Tutupi bagian dasar tanaman dengan tanah lapisan atas atau lumut sphagnum untuk mengelabui orang agar percaya bahwa itu adalah tanaman asli yang baru saja kita tanam ulang.

5. Gabungkan tanaman palsu dengan yang asli

Tanaman palsu tidak terlihat begitu palsu saat kita menggabungkannya dengan tanaman asli.

Jika kita sudah memiliki beberapa tanaman asli yang kita sukai dan kita ingin membeli beberapa tanaman lagi tetapi lebih memilih untuk membeli tanaman palsu, selingi dengan tanaman asli.

Ini akan menyamarkan tanaman palsu dan tidak akan ada yang bisa membedakannya tanpa mendekatinya.

6. Buat rak tanaman

Tambahkan dinding fitur dengan rak yang diisi dengan tanaman. Dengan menata tanaman di rak yang lebih tinggi dari garis mata, maka kita benar-benar dapat membuat tanaman palsu terlihat nyata.

Cobalah mencari tanaman dengan warna dedaunan yang berbeda, ketinggian yang bervariasi, dan bentuk yang unik. Penataan yang apik juga akan terlihat indah di ruangan mana pun.

7. Membersihkan debu secara rutin

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan dengan tanaman palsu (dan tanaman asli, dalam hal ini) adalah membersihkannya secara teratur.

Debu sering menempel pada daun palsu karena bahan pembuatnya. Gunakan kain mikrofiber untuk mengelap daunnya dan tidak akan ada yang tahu bahwa itu palsu.

8. Beli tanaman palsu yang berkualitas

Karena kita membeli tanaman palsu yang akan bertahan sangat lama, tidak masalah untuk berinvestasi pada tanaman yang dibuat dengan baik.

Pastikan kita puas dengan bahan pembuatnya. Kita bisa menemukan tanaman palsu yang terbuat dari plastik dan juga sutra. Yang terbuat dari sutra biasanya lebih realistis, meskipun harganya sedikit lebih mahal.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/11/16/070700220/8-cara-membuat-tanaman-hias-palsu-terlihat-asli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke