Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Buumi, Tempat Bermain Anak Bertema Wonder Forest di Plaza Senayan

KOMPAS.com — Bermain adalah kebutuhan dan keinginan alami setiap orang. Lewat bermain, anak belajar banyak hal, dapat mengenal aturan, bersosialisasi, beradaptasi, menempatkan diri, menata emosi, belajar toleransi, kerja sama, dan menjunjung tinggi sportivitas.

Manfaat ini terutama didapatkan bila anak bermain bersama teman-temannya, atau bermain sambil beraktivitas, bukan bermain game atau gadget.

Sayangnya saat ini kita lebih banyak menjumpai anak tenggelam dalam permainan elektronik dengan dawai mereka. Meski gadget juga bisa memberikan manfaat, namun anak di usia yang lebih muda membutuhkan permainan yang lebih dinamis dan memberi rangsangan untuk bertumbuh.

Ketika tempat bermain anak makin langka, Buumi Playscape, membuka lokasi kedua playground mereka di Plaza Senayan.

Tempat bermain indoor yang mengangkat tema ‘Wonder Forest’ ini fokus pada pendidikan anak usia dini melalui kegiatan bermain edukatif, bagi anak berusia 12 bulan hingga 10 tahun.

Demikian diungkapkan Natasha Guna selaku Co-founder Buumi Playscape dan Chief Executive Officer PT Sentra Bermain Pacific di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Permainan bertema

Hal yang menonjol dari Buumi adalah taman bermain bertema yang didukung desain interior unik. Digambarkan sebagai hutan penuh imajinasi 'Wonder Forest', menyediakan Tree House, Caterpillar Tunnel, Ant's House, Baby's Lounge, Rayya's Classroom, Satya's Night Forest, dan Imaginative Leaves Climbing.

Tempat bermain ini bukan sekedar tema, tapi juga menyertakan unsur pendidikan di dalamnya. Di Ant's House misalnya, anak belajar mengenal seperti apa rumah semut, sekaligus berlatih motoris agar tidak menginjak "telur semut."

Selain itu, terdapat pula kelas-kelas yang dapat diikuti seperti kelas sensori, literasi, art and craft, dance, STEAM, dan masih banyak lagi.

"Bermain merupakan fondasi kritis dalam pembentukan keterampilan sosial, kognitif, dan fisik. Melalui bermain, anak-anak belajar mengeksplorasi, menemukan, dan berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka, yang membentuk dasar bagi pembelajaran seumur hidup."

"Penting bagi kita untuk menyediakan lingkungan bermain yang aman dan stimulatif, di mana anak dapat berkembang secara alami dan sesuai dengan ritme mereka," lanjutnya.

Bisa untuk anak berkebutuhan khusus

Menariknya lagi, sesuai kampanye #BuumiUntukSemua, Buumi Playscape Plaza Senayan memberikan ruang bermain yang aman dan nyaman bagi setiap anak termasuk bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus atau disabilitas.

"Karenanya Buumi menghadirkan berbagai karakter, termasuk anak yang memakai hearing aid, leukemia, albino, down syndrome, dan lain-lain, tujuannya agar anak terbiasa dengan perbedaan dan bisa menerima semua oran," ujar Natasha.

Dalam rangka menjadi ruang bermain yang inklusif bagi setiap anak, Buumi Plaza Senayan mempersiapkan area yang dapat dinikmati oleh children with all abilities mulai dari usia 12 bulan hingga 10 tahun.

Dalam prosesnya, Buumi melibatkan spesialis pertumbuhan anak dan arsitek pemenang penghargaan untuk memberikan pengalaman yang berkesan bagi anak-anak serta orang tua.

Sebelumnya, Buumi telah memulai jejaknya sejak tahun 2018, dengan keberadaan Buumi Playscape di Pacific Place dan Buumi Playclub di Urban Forest Cipete.

Nah, Buumi Playscape Plaza Senayan menghadirkan rangkaian kegiatan dan fasilitas yang berbeda dari lokasi sebelumnya. Seluruh area bermain dirancang dengan berbagai permainan inovatif dan edukatif untuk memfasilitasi aktivitas bermain sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak.

Selain tempat bermain, Buumi Playscape juga menyediakan area yang dikhususkan untuk event seperti acara ulang tahun, product launching, seminar ataupun gathering lainnya.

Retail space juga dihadirkan untuk menyediakan mainan, fashion and accessories, dan skincare anak, selain keberadaan cafe untuk memuaskan rasa lapar dan dahaga si kecil dan orang tua setelah bermain.

"Melihat anak main di Buumi tuh aku ikutan seneng karena bisa main bareng sama anak-anak, bikin makin deket dan bikin anak ngerasa ditemenin. Hal ini yang menurutku penting untuk membentuk ikatan yang positif dengan anak," kata Caca.

Menurutnya selain perlu dipahami, anak juga perlu merasa ditemani, perlu merasa orang tua mau terlibat dalam pengasuhan, dan merasa bahwa mereka berharga dan pantas diutamakan.

“Di Buumi, aku ngerasa bisa ajak anak bermain sambil belajar, ngga cuma anaknya yang belajar, Ibunya juga belajar untuk bisa bermain bersama anak,” tambahnya.

Buumi Playscape Plaza Senayan dibuka pukul 10.00 - 21.00, dengan tiket bermain seharga Rp 195.000 selama hari kerja dan Rp 225.000 di akhir pekan untuk satu anak dan satu pendamping dengan durasi bermain selama dua jam.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/12/09/134429020/buumi-tempat-bermain-anak-bertema-wonder-forest-di-plaza-senayan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke