Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Mal Ramah Pejalan Kaki di Jakarta, Ada yang Dekat Stasiun MRT

KOMPAS.com - Mal bisa ditemukan di berbagai sudut Jakarta. Pusat perbelanjaan ini bisa dijadikan destinasi belanja, sekaligus lokasi untuk menghabiskan waktu dengan keluarga atau orang-orang terdekat. 

Adapun mal yang sudah difasilitasi akses transportasi umum dan jalur pedestrian memiliki daya tarik tersendiri lantaran lebih memudahkan mobilitas pejalan kaki. 

  • Apa Mal di Jakarta Sudah Ramah Pejalan Kaki?
  • 10 Kota Terbaik yang Memanjakan Pejalan Kaki

“Mal-mal yang punya akses pedestrian dan mengoneksikan langsung ke transportasi umum, itu pasti akan ramai,” ujar Co-Founder organisasi Transport for Jakarta, Adriansyah Yasin Sulaeman, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (3/1/2024). 

Bagi kamu yang hobi bepergian dengan jalan kaki dan menggunakan transportasi umum, berikut rekomendasi mal yang bisa kamu kunjungi.

Berada di Jakarta Pusat, Sarinah bisa jadi pilihan terbaik untuk pejalan kaki berkat kemudahan aksesnya.

Menurut Adrian, terbukanya akses pejalan kaki di pusat perbelanjaan ini menjadi sebuah transisi yang berhasil dan mampu mengubah pandangan masyarakat terhadap mal.

“Kita sekarang melihat transformasi Sarinah. Awalnya di depan mal hanya ada lahan parkir, tapi sekarang menjadi ruang semi publik dan mengedepankan akses. Yang awalnya pintu masuk hanya terbatas pada satu atau dua titik, tapi dengan desain yang baru, pejalan kaki bisa masuk mal dari segala penjuru,” jelas Adrian, Rabu (3/1/2024). 

Secara teori, kata Adrian, desain Sarinah yang baru ini sangat bagus karena letaknya di tengah kota, namun bisa diakses dengan cukup mudah sehingga bisa menjadi magnet baru untuk perkembangan kawasan sekitarnya.

Blok M Plaza termasuk mal di Jakarta Selatan yang dinilai ramah pejalan kaki. Sebab, mal ini punya akses ke moda transportasi umum MRT. 

Untuk menuju Blok M Plaza, kamu bisa menggunakan MRT dan turun di Stasiun Blok M BCA. Dari stasiun, ada pintu keluar yang langsung terkoneksi ke dalam mal tanpa harus keluar area stasiun terlebih dulu.

Menurut Adrian, terkoneksinya stasiun MRT langsung ke Blok M Plaza merupakan salah satu perkembangan yang cukup baik dalam hal akses untuk pejalan kaki. 

Lotte Shopping Avenue di Jakarta Selatan bisa jadi pilihan untuk pejalan kaki. Menurut Adrian, akses pedestrian ke pusat perbelanjaan ini cukup mudah.

“Mal-mal di daerah Kuningan, seperti ITC Kuningan, (Mal) Ambasador, Kuningan City, itu sudah ramah pejalan kaki. Di sepanjang jalan tersebut, developer-nya (pengembangnya) sudah lebih membuka akses untuk pejalan kaki,” tuturnya. 

Untuk menuju Lotte Shopping Avenue dengan naik transportasi umum, kamu bisa naik bus TransJakarta, lalu turun di Halte Lotte Kuningan Mall 1. 

Dari halte ini, kamu bisa berjalan menuju mal dengan waktu tempuh kurang lebih lima menit, sejauh sekitar 290 meter. 

Pejalan kaki juga bisa mengunjungi Citywalk Sudirman di Jakarta Pusat.

Adrian menyampaikan, pusat perbelanjaan ini punya akses pejalan kaki yang sangat baik karena terbuka dari trotoar langsung ke dalam mal. 

“Kalau untuk pejalan kaki sebetulnya kita cuma minta satu, minta akses yang langsung ke malnya tanpa harus muter-muter. Citywalk Sudirman ini jadi salah satu contoh mal yang baik, mau kasih akses ke pejalan kaki langsung dari trotoar langsung ke mal,” jelasnya.

Terakhir, mal ramah pejalan kaki di Ibu Kota adalah Central Park, Jakarta Barat.

Adrian menilai, mal ini ramah pejalan kaki dan pengguna transportasi umum karena ada akses dari halte TransJakarta ke dalam mal. 

Walaupun tidak langsung terkoneksi, seperti Stasiun MRT Blok M ke Blok M Plaza, tetapi akses ke halte TransJakarta tidak terlalu jauh dari dalam mal. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/03/194308520/5-mal-ramah-pejalan-kaki-di-jakarta-ada-yang-dekat-stasiun-mrt

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke