Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tips LDR Beda Negara agar Hubungan Langgeng 

KOMPAS.com - Hubungan jarak jauh alias long distance relationship (LDR) beda negara menjadi tantangan bagi setiap pasangan yang menjalaninya. Namun, tenang saja karena ada beberapa tips LDR beda negara biar hubungan tetap langgeng. 

Secara umum, LDR beda negara tidak jauh berbeda dengan LDR dalam satu negara. Kemajuan teknologi membantu memudahkan komunikasi pasangan LDR beda negara. 

  • 7 Ide Kado untuk Cowok LDR agar Terasa Dekat di Hati
  • 8 Tanda Hubungan LDR yang Sehat

Tips LDR beda negara 

Berikut sejumlah tips LDR beda negara seperti dilansir dari sumber Our Everyday Life, Brides, dan Time. 

1. Tentukan jadwal komunikasi rutin

Komunikasi merupakan kunci utama dalam hubungan LDR, baik beda negara maupun satu negara. Khusus LDR beda negara, perbedaan zona waktu menjadi tantangan tambahan.

Oleh sebab itu, buatlah jadwal komunikasi yang sesuai dengan kegiatan masing-masing pasangan. Misalnya, pagi hari sebelum beraktivitas maupun malam hari usai kegiatan. 

Lakukan komunikasi dengan pasangan tersebut secara konsisten, dilansir dari Our Everyday Life. Sisihkan waktu setiap harinya untuk komunikasi dengan pasangan menyesuaikan dengan perbedaan zona waktu. 

Upayakan tidak ada gangguan selama berkomunikasi dengan pasangan. Hal ini akan membantu pasangan LDR beda tetap terhubung. 

2. Kreatif dalam menciptakan kebersamaan 

Meskipun dipisahkan dengan jarak, namun bukan berarti pasangan LDR beda negara tidak bisa menciptakan aktivitas bersama seperti pasangan pada umumnya. 

Pasangan LDR beda negara dituntut untuk kreatif dalam menciptakan kegiatan bersama. Perkembangan teknologi dapat membantu pasangan LDR beda negara untuk menciptakan kebersamaan tersebut. 

Misalnya, pasangan LDR beda negara tetap bisa makan bersama secara virtual dengan bantuan teknologi video call. 

3. Jadwalkan kunjungan   

Saat menjalani hubungan LDR, pastikan untuk menjadwalkan kunjungan. Konsultan Hubungan, Kavita Patel mengatakan, pasangan LDR beda negara disarankan untuk mengunjungi kediaman atau tempat tinggal masing-masing, dilansir dari Brides. 

“Melakukan perjalanan untuk bertemu satu sama lain di tempat tinggal masing-masing, adalah hal yang penting, sehingga setiap pasangan dapat melihat keseharian satu sama lain,” ujarnya dilansir dari Brides.

Karenanya, pasangan LDR beda negara membutuhkan sejumlah persiapan untuk mewujudkan kunjungan tersebut. Melansir dari Our Daily Life, beberapa persiapan tersebut antara lain mengecek aturan imigrasi destinasi tujuan, mencari tiket pesawat murah, dan menabung. 

Saat pasangan LDR beda negara tidak bersama secaa fisik, maka berkirim hadiah bisa mewakili kehadiran masing-masing. Selain itu, berkirim hadiah menunjukkan perhatian kamu kepada pasangan dengan cara yang kreatif. 

Saat ini, banyak layanan ekspedisi yang memberikan fasilitas pengiriman antar negara di dunia. Jadi, tidak ada hambatan untuk berkirim hadiah kepada pasangan yang berbeda negara. 

5. Tetapkan aturan dan batasan yang jelas

Hubungan LDR adalah mengenai kepercayaan satu sama lain. Jadi, sebaiknya hindari melalukan hal-hal yang mengecewakan kepercayaan pasangan, dilansir dari Time. 

Tips ini berlaku untuk semua pasangan LDR, baik dalam satu negara atau beda negara. Termasuk mengunggah hal-hal di media sosial atau melakukan interaksi sosial dengan lawan jenis yang bisa mengecewakan pasangan. 

“Kamu tidak perlu mendapatkan persetujuan dari pasangan untuk setiap interaksi sosial, namun kamu tetap harus menetapkan batasan dan aturan jelas yang ditaati oleh setiap pasangan,” ujar Pendiri Smart Dating Academy Bela Gandhi, dilansir dari Time. 

  • 5 Ide Kencan Sesuai Love Language untuk Pasangan LDR
  • 50 Kata-kata Romantis untuk Pacar yang LDR, Bisa Obati Rasa Rindu

6. Tanyakan kondisi pasangan 

Meskipun berjauhan, namun kamu tetap bisa menunjukkan kepedulian sekaligus mendukung pasangan di beda negara. 

Patel mengungkapkan, ada beberapa pertanyaan sederhana yang bisa menunjukkan kepedulian pasangan. 

“Sampaikan pertanyaan, seperti bagaimana aku bisa mendukungmu? Apa hal yang paling kamu butuhkan dariku saat ini? Bagaimana perasaanmu?“ ujarnya dilansir dari Brides. 

Pertanyaan tersebut menunjukkan kepedulian kepada pasangan, serta menandakan bahwa pasangan selalu hadir meskipun berbeda negara. 

Hubungan LDR membutuhkan usaha dan kerja sama. Melansir dari Brides, sangat penting bagi pasangan LDR, baik beda negara atau dalam satu negara untuk memprioritaskan pasangan. 

Patel menyarankan jika pasangan mulai menunjukkan tanda-tanda menjauhkan dirinya, maka sebaiknya bertanya dengan baik-baik. 

“Jika pasangan mulai menjauhkan diri, tidak berkomitmen pada rencana, mulai menarik diri, penting untuk membicarakannya. Sangat penting bagi kedua orang untuk merasa bahwa mereka menjadi prioritas masing-masing,” jelasn Patel dilansir dari Brides. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/16/100657120/7-tips-ldr-beda-negara-agar-hubungan-langgeng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke