Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Rahasia untuk Mendapatkan Rambut yang Kuat dan Berkilau

KOMPAS.com - Jika kamu bosan memiliki rambut kusam dan rapuh serta rentan patah, mungkin inilah saatnya mencoba perawatan yang benar. 

Perawatan ini bisa berarti mengubah kebiasaan menata rambut, bereksperimen dengan produk baru, atau menjadikan perlindungan rambut sebagai prioritas utama. 

Dengan beberapa penyesuaian sederhana —dan pengetahuan tentang rahasia mendapatkan rambut kuat dan berkilau— kamu dapat mengubah tidak hanya tampilan rambut tetapi juga kesehatan rambut. 

Faktanya, ada 10 trik yang kurang diketahui untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat. Apa saja ya?

1. Lindungi dari sinar matahari

Mereka yang sadar akan kesehatan kulit biasanya akan menggunakan tabir surya untuk melindungi kulitnya saat ingin keluar pada hari yang cerah. Ternyata, penting untuk melakukan hal yang sama pada rambut karena kamu berisiko mengalami kerusakan serius akibat sinar matahari pada helai rambutmu.

“Melindungi rambut dari sinar UVB dan warna dari sinar UVA akan menjaga kekuatan dan kilaunya,” kata Shann Christen, penata rambut selebriti yang berbasis di Beverly Hills dan pendiri BioMethod. 

Untuk itu, ia merekomendasikan produk yang melindungi rambut dari paparan sinar matahari sekaligus menambah kilau dan keindahannya.

Jika kamu keluar rumah tanpa produk pelindung, topi atau payung adalah cara mudah lainnya untuk melindungi rambutmu.

2. Gunakan masker rambut berkualitas

Rambut memerlukan nutrisi lebih dari yang dapat disediakan oleh produk sehari-hari. Ketika rambutmu menjadi kusam, itu merupakan tanda bahwa kamu membutuhkan masker rambut berkualitas tinggi untuk mengembalikan kilaunya.

“Kondisioner sangat baik untuk penataan rambut secara teratur dan menyegel kutikula, tetapi itu tidak cukup. Menambahkan masker berkualitas dalam rutinitas perawatan dapat menjaga rambut tetap terhidrasi secara menyeluruh,” jelas pendiri HOURS Haircare dan penata rambut MariLynne Cosmillo. 

Bila tidak ingin membelinya, kamu bisa membuat masker rambut dari bahan-bahan yang bisa ditemukan di dapur, seperti beberapa jenis minyak dan buah-buahan.

3. Hindari suhu yang terlalu panas

Alat penata rambut mungkin bisa memberikan hasil yang luar biasa pada penampilan, tetapi alat tersebut juga dapat merusak rambut karena panas yang digunakannya. 

Panas berlebihan dapat membuat helaian rambut rapuh dan kusam seiring waktu. Itu sebabnya Christen merekomendasikan untuk menurunkan suhu alat penata rambut, terutama alat catok pelurus rambut dan alat pengeriting rambut.

"Sebagian besar dari kita memakai panas maksimalpada alat," jelasnya. Sebagai gantinya, stylist merekomendasikan untuk mengatur suhu lebih rendah. “Selalu jaga agar alat tetap bergerak atau berputar, jangan pernah berhenti di satu bagian rambut terlalu lama,” sarannya.

4. Keringkan rambut dengan hembusan dingin

Selain menurunkan suhu alat penata rambut, ada baiknya juga mengeringkan rambut menggunakan pengaturan "dingin" pada hair dryer, kata Cosmillo. Ini tidak hanya akan mencegah kerusakan jangka panjang tetapi juga memperbaiki penampilan rambut setelah kamu selesai menatanya.

"Gunakan pengaturan dingin saat mengeringkan rambut. Meskipun suhu tinggi bekerja sangat baik untuk mengeringkan dan membentuk rambut dengan cepat, udara dingin mengunci bentuk dan menutup kutikula untuk hasil akhir yang lebih berkilau," sarannya.

5. Gunakan hanya satu produk "protein" dalam satu waktu

Christen mengatakan untuk mendapatkan rambut yang kuat dan berkilau kita harus memperhatikan keseimbangan antara produk yang kita gunakan. Dia mencatat bahwa sangat penting untuk hanya menggunakan satu produk berbasis protein pada rutinitas perawatan dalam satu waktu.

“Dengan kata lain, jangan gunakan sampo berprotein dan kondisioner berprotein, lalu masker rambut berprotein juga. Gunakanlah kondisioner yang memberi kelembapan dan menutrisi,” katanya.

"Terlalu banyak protein dapat mengeraskan batang rambut dan menyebabkan kerusakan," jelas Christen.

6. Pakai sisir yang lembut 

Sisir yang salah dapat menarik rambut terlalu keras, melemahkan, dan membuatnya lebih rentan patah. Cosmillo merekomendasikan untuk memilih sisir yang lembut, yang menurutnya dapat mengurangi kemungkinan rambut stres karena ditarik.

“Sisir yang tepat akan memberikan tarikan lembut dan kilau maksimal,” jelasnya.

7. Minumlah banyak air

Tetap terhidrasi dengan baik adalah salah satu hal penting yang dapat kita lakukan untuk kesehatan organ dan rutinitas kecantikan. 

Meskipun banyak orang yang sadar bahwa minum air dapat memperbaiki kulit —termasuk mengurangi jerawat dan menghilangkan kerutan— hanya sedikit orang yang tahu bahwa minum banyak cairan juga dapat membuat rambut lebih kuat dan berkilau.

Karenanya Christen merekomendasikan untuk menghidrasi rambut dari dalam ke luar dengan banyak minum air.

8. Kenali kandungan dalam produk

Jika kamu ingin mendapatkan rambut yang kuat dan berkilau, ada baiknya mengenal bahan-bahan produk rambutmu. Misalnya, hairspray yang mengandung alkohol atau pengawet etanol dapat merusak dan mengeringkan rambut, kata Taylor Rose, ahli trikologi.

Sementara itu, Cosmillo mengatakan bahwa salah satu bahan hairspray terbaik adalah vitamin E. "Vitamin E melindungi kutikula, meningkatkan kekuatan dan ketahanan, yang memberi kilau serta tidak membuat rambutmu kaku," katanya.

9. Lindungi rambut sebelum dan sesudah keramas

Menemukan produk yang tepat untuk melindungi rambut sebelum dan sesudah keramas dapat membantu melindunginya dari kerusakan. 

Beberapa produk dirancang sebagai perawatan sebelum keramas untuk meningkatkan kekuatan rambut, mengurangi kerusakan, dan mencegah ujung rambut bercabang.

10. Sesuaikan produk dengan gaya 

Terkadang produk rambut kita bertentangan dengan gayanya, yang menurut Cosmillo dapat mengakibatkan penataan rambut dan paparan panas berlebihan.

"Pastikan produk yang kamu pakai selaras dengan tujuan penataan rambutmu. Kamu misalnya tidak disarankan menggunakan sampo penambah volume saat ingin meluruskan rambut. Kamu harus beralih ke sampo yang lebih cocok," katanya.

Dengan begitu kamu tidak perlu menggunakan alat pemanas secara berlebihan untuk memperbaikinya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/24/132220920/10-rahasia-untuk-mendapatkan-rambut-yang-kuat-dan-berkilau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke