Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Diet dan Rutinitas Olahraga Cha Eun-woo untuk Membentuk Tubuh Indah

KOMPAS.com - Cha Eun-woo adalah salah satu bintang Korea selalu memperhatikan kesehatan dan penampilannya, sehingga dia memastikan meluangkan waktu untuk olahraga rutin. 

Sejak menjadi anggota boy band Astro hingga aktor K-drama terkemuka dan akhirnya menjadi penyanyi solo – Cha Eun-woo adalah salah satu wajah paling populer yang mendominasi dunia hiburan Korea Selatan. 

Dalam perjalanannya selama satu dekade di dunia hiburan, sang bintang telah melakukan berbagai hal: menyanyi, menari, dan akting, menjalani jadwal yang melelahkan, pertunjukan, syuting, dan tur. Namun, ada satu hal yang tetap terlihat sama – kebugarannya.

Meskipun fisiknya membuat kita semua kagum, tahukah kamu bahwa sang bintang pernah mengalami kelebihan berat badan dan berjuang dengan aktivitas yang menuntut fisik di masa awal karirnya? 

Hanya setelah menerapkan gaya hidup aktif dan mengonsumsi makanan sehat, ia berhasil menurunkan berat badannya dan menarik perhatian dunia.

Lee Seok Jun menambahkan, “Dia terlihat lebih keren dengan tubuh bagusnya, jadi menurutku itulah mengapa dia banyak merawat tubuhnya.” 

Hyun lebih lanjut menyebutkan bahwa artis tersebut adalah salah satu ‘orang paling rajin dan pekerja keras’ yang pernah dia temui.

Hal ini menunjukkan bahwa Cha Eun-woo lebih dari sekedar indah secara visual – dia adalah artis berdedikasi yang bekerja keras untuk mempertahankan tubuhnya. Dan memang konsistensi adalah kuncinya.

Menurut Health Yogi, latihan Cha Eun-woo merupakan perpaduan antara kardio dan latihan beban tubuh yang dapat dengan mudah kita lakukan di rumah.

Kardio

Salah satu cara membentuk tubuh yang kencang adalah menari. Bagaimanapun, latihan menari yang ketat adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan setiap idola K-pop. 

Latihan kardio seperti menari, berlari, bersepeda, berenang, berkebun, dan banyak lagi adalah cara yang pasti untuk memompa darah kita. Latihan apa pun dianggap sebagai kardio jika melibatkan tindakan fisik terkoordinasi yang disengaja yang meningkatkan detak jantung untuk jangka waktu tidak terbatas. 

Idealnya kita melakukan setidaknya 150 menit latihan kardio sedang atau 75 menit latihan kardio berat dalam seminggu.

Latihan kardiovaskular meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kualitas tidur, mendukung kesehatan mental, mengatur berat badan, serta meningkatkan keseimbangan dan kelincahan.

Jika tidak yakin harus mulai dari mana, berikut beberapa latihan sederhana dan tanpa peralatan. Ini termasuk jumping jack, high knee, lari/joging, lompat tali, tinju dan banyak lagi. Untuk memperindah gerakan, kamu juga bisa mengikuti kelas menari atau yoga.

Latihan kekuatan

Latihan beban tubuh atau latihan bebas (tanpa alat) adalah cara terbaik untuk mengencangkan otot dan meningkatkan kesehatan jantung. Dengan banyaknya variasi latihan beban tubuh yang tidak memerlukan peralatan, kita tidak punya alasan untuk tidak berolahraga. 

Yang harus kita lakukan hanyalah menggerakkan tubuh. Dari gerakan dasar seperti squat dan push-up hingga latihan lebih lanjut seperti Bulgarian split squat – latihan ini berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Untuk membentuk tubuh seperti anggota Astro, Health Yogi menyarankan untuk mencoba latihan berikut.

  • Push-up
  • Push-up lebar
  • Pike Push-up 
  • Reverse plank
  • Plank
  • Sit-up
  • Leg raises
  • Russian twist
  • Squat
  • Lompat jongkok
  • Lunges
  • Glute thruster

Latihan tubuh ini meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas, memberi kebebasan untuk berolahraga sesuai kecepatan sendiri tanpa harus repot dengan peralatan/gym, membantu membentuk otot, mendukung postur tubuh yang baik, serta menghilangkan stres.

Dalam wawancara sebelumnya, Woo mengungkapkan bahwa berat badannya turun 9 kilogram dalam waktu empat bulan berkat kesabaran dan ketekunannya. Menurut Jayne Stars, artis tersebut menyebutkan, “Makanan ajaibnya adalah tomat. Ia memakannya hampir setiap hari dan tidak bosan.”

Aktor tersebut menambahkan bahwa agensinya memintanya untuk menurunkan berat badan. “Saya tidak bisa makan banyak menu, dan dietnya sangat sulit,” kenangnya. Hingga saat ini, agensinya melarang dia mengonsumsi coklat, kimbap, tuna, dan saus. Terlepas dari semua godaan tersebut, Cha Eun-woo tetap menjalankan pola makan sehat.

Untuk mengikuti rencana makan seperti Cha Eun-woo, Health Yogi menyarankan rencana diet berikut:

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/02/24/151056820/diet-dan-rutinitas-olahraga-cha-eun-woo-untuk-membentuk-tubuh-indah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke