Cegah Kenaikan Berat Badan dengan Makanan Kaya Flavonoid - Kompas.com

Cegah Kenaikan Berat Badan dengan Makanan Kaya Flavonoid

Kompas.com - 29/01/2016, 16:05 WIB
Ilustrasi.

KOMPAS.com - Penelitian yang diterbitkan dalam The British Medical Journal pada Kamis kemarin menunjukkan, mengonsumsi buah dan sayuran kaya flavonoid bisa menjadi cara yang efektif untuk mencegah kenaikan berat badan.

Flavonoid merupakan senyawa yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Kandungan super tersebut bisa Anda dapatkan secara alami dalam buah dan sayuran.

Studi sebelumnya juga telah menghubungkan flavonoid dengan penurunan berat badan, tetapi penelitian sebelumnya hanya menggunakan sampel kecil dan difokuskan pada teh hijau kaya flavonoid.

Sedang studi terbaru ini difokuskan pada kemungkinan adanya hubungan antara berat badan dan sumber flavonoid yang berbeda dalam makanan dengan melibatkan sampel besar, yaitu 124.086 pria dan wanita di Amerika Serikat.

Tim peneliti merekrut peserta penelitian dari tiga studi: Health Professionals Follow Up Study, Nurses 'Health Study, dan Nurses' Health Study II, dan meminta mereka untuk melaporkan berat badan, kebiasaan, gaya hidup, dan diagnosa penyakit baru setiap dua tahun dalam jangka waktu 24 tahun, dari tahun 1986 dan 2011. Peserta juga diminta melaporkan perkembangan diet mereka setiap empat tahun.

Setelah memperhitungkan pola diet dan faktor gaya hidup seperti tingkat aktivitas fisik, kebiasaan merokok, hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi flavonoid yang lebih tinggi dikaitkan dengan jumlah penurunan berat badan yang lebih efektif, dengan hasil yang terlihat baik pada laki-laki maupun perempuan dari segala usia.

Hubungan terkuat antara flavonoid dan penurunan berat badan ditemukan pada flavonoid anthocyanin yang terdapat dalam blueberry dan stroberi, lalu polimer flavonoid yang ditemukan dalam teh dan apel, serta flavonol yang ditemukan dalam teh dan bawang.

Meskipun sebagai studi observasional penelitian masih memiliki keterbatasan, para peneliti menyatakan bahwa temuan ini dapat membantu untuk memperbaiki pola diet sebelumnya untuk pencegahan obesitas.

Dengan mempertahankan berat badan yang sehat, setiap orang juga dapat mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan obesitas seperti diabetes, kanker, tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular.

Peneliti juga percaya bahwa hasil yang mereka dapatkan ini, dapat membantu orang memaksimalkan manfaat kesehatan dari buah-buahan dan sayuran yang paling kaya flavonoid dan paling bermanfaat untuk mengelola berat badan.

 


EditorBestari Kumala Dewi

Close Ads X