Kenali 6 Gejala Migrain

Kompas.com - 01/02/2016, 16:27 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Migrain yang berdenyut di kepala memang sangat mengganggu, bahkan menyakitkan. Aktivitas fisik pun dapat meningkatkan rasa sakit. Tapi tahukah Anda gejala migrain dapat bervariasi pada setiap orang?

Menurut Anne Calhoun, MD, partner and cofounder Carolina Headache Institute, di Chapel Hill, NC, pada pasien yang memiliki migrain, para ahli akan memperlakukan semua sakit kepala yang merasa rasakan sebagai potensi migrain.

Migrain terkadang sulit di bedakan dengan sakit kepala jenis lainnya. Berikut ini adalah cara untuk mengidentifikasi migrain pada diri kita:

1. Beberapa orang yang menderita migrain mengalami aura.

Biasanya dapat dirasakan melalui bentuk visual seperti cahaya benderang, titik-titik, atau garis-garis. "Anda mungkin melihat garis bergerigi kecil yang mengembang menjadi lintasan lalu bergerak melengkung," kata Dr Calhoun. Aura ini biasanya terjadi lima sampai satu jam, dengan 60 menit jeda sebelum sakit kepala muncul.

2. Depresi, mudah marah, atau kegembiraan.

Ternyata perubahan mood bisa menjadi tanda migrain. “Beberapa pasien akan merasa sangat tertekan atau tiba-tiba murung tanpa alasan," kata Dr Calhoun.

Data yang dipersentasikan oleh American Academy of Neurology pada tahun 2010 menunjukkan, depresi sedang atau berat meningkatkan risiko migrain episodik menjadi kronis.

3. Kurang nyenyak ketika tidur.

Lelah saat bangun atau kesulitan untuk tidur adalah masalah umum pada penderita migrain. Saat migrain menyerang, sulit untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X