Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/04/2016, 19:25 WIB

KOMPAS.com - Mungkin kita sering merasa lelah apalagi setelah seharian bekerja. Ketika kita sering marah terhadap sesuatu yang kecil atau sangat bersemangat menunggu akhir pekan, ini dapat menjadi tanda bahwa kita perlu meningkatkan stamina karena sedang merasa tertekan. Berikut ini lima cara efektif meningkatkan stamina:

 

Olahraga
Tak ada alasan tidak ada waktu untuk tidak berolahraga. Selalu ada waktu meski sebentar untuk kita berolahraga.

Ketika kita rutin berolahrga, kita dapat merasakan tubuh yang lebih fit dan akan merasa istirahat yang maksimal di akhri pekan. Tak hanya itu, kita juga akan menjaga bentuk tubuh dan menjadikan pikiran lebih segar sepanjang hari.

 

Perhatikan waktu istirahat
Kita harus ekstra memerhatikan pola tidur dan istirahat. Jika tidur terlalu banyak, pikiran dan tubuh tidak akan siap untuk berkegiatan dan jika terlalu sedikit tidur juga tidak akan membuat tubuh mendapatka kecukupan energi. Untuk mendapatkan pola tidur yang tepat, kita juga bisa berkonsultasi dengan dokter.

 

Perhatikan gaya hidup
Biasakan untuk mengorganisir diri sendiri atau menuliskan daftar kegiatan yang akan dilakukan. Jika membutuhkan waktu berlibur sebentar bersama keluarga atau teman-teman, maka lakukanlah. Begitu pun jika Anda hanya ingin beristirahat di rumah sepanjang akhir pekan. Gaya hidup sehari-hari juga berpengaruh pada stamin tubuh.

 

Bermain game yang memerlukan kekuatan fisik
Bergabung dengan klub olahraga atau permainan yang memerlukan kekuatan fisik, seperti bermain tenis, sepak bola, voli, dan lainnya akan membantu kita keluar dari kemalasan da membangun kekuatan yang lebih baik, sehingga kita merasa lebih kuat dan senang.

 

Pola makan sehat
Makanan tetap menjadi hal utama yang penting untuk diperhatikan. Buah dan sayuran menjadi makanan sehat yang perlu dikonsumsi sehari-hari. Hindari juga alkohol. Makanan yang sehat akan membantu menjaga stamina tubuh yang baik pula, terlebih makanan kaya protein.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com