Efek Samping Terlalu Banyak Minum Air Lemon

Kompas.com - 27/04/2016, 07:15 WIB
Ilustrasi air lemon SHUTTERSTOCKIlustrasi air lemon
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Sekarang ini, minum air lemon seakan menjadi cara paling trendi untuk memulai hari. Namun, pertimbangkan hal ini, apakah mungkin kita telah mengonsumsi air lemon secara berlebihan selama ini?

Lemon memang memiliki manfaat kesehatan. Kandungan vitamin C-nya merupakan antioksidan pelawan kanker dan mampu meningkatkan energi.

Selain itu, air lemon dapat digunakan untuk menggantikan minuman ringan sarat gula.

Dengan demikian, minum air lemon adalah cara yang bagus untuk mengurangi kalori.

Namun, Anda tidak akan kehilangan berat badan hanya dengan minum air lemon. Tidak ada bukti yang mendukung klaim bahwa air lemon mampu meningkatkan pencernaan atau mendetoksifikasi tubuh, tidak soal berapa banyak orang terkenal mengatakan sebaliknya.

Ada beberapa faktor lain yang perlu diingat jika Anda mengonsumsi air lemon sebagai bagian dari rencana penurunan berat badan.

Baca efek samping di bawah ini sebelum Anda meraih gelas air lemon Anda hari ini.

1. Mulas
Terlalu banyak mengonsumsi air lemon bisa menimbulkan sensasi seperti dada Anda terbakar. Demikian kata ahli gizi di NYC, Jackie Ballou, RD.

"Lemon adalah salah satu buah yang paling asam, jadi jika Anda rentan terhadap mulas, buah ini pasti bisa memicu episode perut mulas," kata Ballou.

2. Merusak enamel
Rasa lemon yang sangat asam dapat mengikis enamel pelindung gigi, yang dapat menyebabkan gigi berlubang atau sensitivitas gigi lainnya. Cara yang bisa dicoba adalah menggunakan sedotan saat meminumnya untuk mengurangi risiko kerusakan enamel.

"Anda tidak bisa minum air lemon sepanjang hari sebagai pengganti air putih biasa," kata Ballou. Minum air lemon tanpa membilasnya dengan air putih akan membahayakan gigi Anda.

Alternatif lain
Tidak ada yang menentang manfaat air lemon, tetapi ada jenis infused water lain yang bisa Anda coba.

Selagi Anda mencoba mengurangi kebiasaan minum air lemon, ada infused water seperti air putih dicampur potongan pepaya dan melon yang juga bisa membantu program penurunan berat badan, tanpa merusak gigi Anda atau menyebabkan mulas. Selamat mencoba!

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X