Rumah Tipe 21 Bisa Dibangun Hanya Lima Hari!

Kompas.com - 26/05/2016, 11:00 WIB
Penampakan Rumah Domus yang ada di IndoBuildTech Expo 2016, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (25/5/2016) Ridwan Aji Pitoko/Kompas.comPenampakan Rumah Domus yang ada di IndoBuildTech Expo 2016, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (25/5/2016)
|
EditorHilda B Alexander

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Konsep rumah murah, praktis, dan cepat namun tahan gempa jadi dasar penciptaan Rumah Domus.

Rumah itu kini tengah dipamerkan di IndoBuildTech Expo 2016 yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Serpong, Tangerang Selatan.

Domus merupakan rumah permanen yang dibangun dengan pengembangan sistem PT Tatalogam Lestari sehingga memungkinkan untuk dibangun cepat.

"Pembangunan Domus ini sekarang kita pakai sistem atau konsep Kanal U makanya pengerjaannya bisa cepat," kata General Manager PT Tatalogam Lestari, Monica Suryanto, di ICE BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (25/5/2016).

Ada empat tipe Rumah Domus yang dibangun, yakni tipe 21, 26, 29, 36, dan 45.

Monica menjelaskan Rumah Domus tipe 21 bisa diselesaikan dalam waktu lima hari, sementara tipe 26 selesai dibangun dalam satu minggu.

Sedangkan rumah dengan tipe 29 selesai dalam 10 hari, tipe 36 dua minggu, dan yang paling besar, yakni tipe 45 bisa selesai dibangun dalam kurun waktu tiga minggu.

Kecepatan dalam membangun Rumah Domus itu diakui Monica karena penggunaan materialnya yang tepat guna.

"Sebenarnya yang buat kita cepat juga adalah materialnya. Sistemnya pakai bata ringan yang ukurannya kita buat presisi dan Rumah Domus ini proses aci dan plesternya sekali kerja bisa langsung finishing sedangkan kalau biasanya kan plester dan aci prosesnya terpisah," tambah dia.

Kemudian yang membuat Rumah Domus kuat dan tahan gempa adalah keberadaan kolom praktis dan rangka atap baja ringan.

Kombinasinya bersama dengan bata ringan dan genteng metal diklaim Monica semakin menambah daya tahan Rumah Domus.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X