Suka Dengar Musik? Ini 8 Manfaatnya - Kompas.com

Suka Dengar Musik? Ini 8 Manfaatnya

Kompas.com - 21/06/2016, 12:46 WIB
SHUTTERSTOCK Ilustrasi mendengarkan musik

KOMPAS.com - Musik tak hanya bisa dinikmati pendengarnya, tetapi juga dirasakan manfaatnya. Mendengarkan musik yang pelan atau musik apapun yang Anda suka, bisa meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

Musik bisa menjadi sebuah meditasi dan memberikan manfaat secara fisik, emosional dan spiritual. Berikut sejumlah manfaat mendengarkan musik seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Dalam sebuah studi, mendengarkan musik yang santai dapat meningkatkan kadar serotonin di otak. Hal ini membuat orang yang mendengarkan musik akan merasa tenang dan bahagia.

2. Mendengarkan musik yang menenangkan bisa menurunkan detak jantung yang terlalu cepat. Bahkan, turut membantu menurunkan tekanan darah jika mendengarkan musik yang tenang.

3. Seluruh tubuh bisa menjadi rileks ketika mendengar musik. Cobalah berbaring sebentar di lantai sambil mendengarkan musik yang tenang. Itu bisa jadi semacam meditasi dan Anda akan merasa lebih rileks beberapa saat.

4. Bukan informasi baru jika musik dapat menurunkan tingkat stres. Dengan mendengar alunan musik yang lembut, dapat menstabilkan seluruh sistem tubuh dan pikiran.

5. Mendengarkan musik dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhan suatu penyakit. Musik membuat tubuh menjadi rileks dan dapat membuat sistem tubuh bekerja menyembuhkan diri sendiri lebih baik. Itulah mengapa ada terapi musik untuk membantu penyembuhan.

6. Musik bisa membantu seseorang melupakan rasa nyeri di tubuhnya. Mereka yang memiliki nyeri pada tubuh, cobalah mendengarkan musik setiap hari yang dipercaya dapat meredakan rasa sakit.

7. Susah tidur? Cobalah sejenak mendengarkan musik. Musik bisa membantu seseorang tidur lebih cepat sehingga meningkatkan kualitas tidur.

8. Mendengarkan musik ternyata dapat meningkatkan produktivitas seorang pekerja. Sebuah survei menunjukkan, karyawan yang mendengarkan musik lebih banyak melakukan pekerjaan dan menyelesaikannya dalam waktu lebih singkat.


EditorBestari Kumala Dewi
SumberBOLDSKY

Terkini Lainnya


Close Ads X