5 Langkah Mencegah Anak Kecanduan "Gadget"

Kompas.com - 07/08/2016, 20:06 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Di era digital ini pasti banyak anak yang kerap menghabiskan banyak waktu di depan layar baik layar handphone maupun televisi. Tidak hanya mengganggu perkembangan otaknya, kebiasaan buruk ini dapat mengganggu kesehatannya.

Malas bergerak akan membuat si kecil mudah sakit. Untuk itu, Mama perlu mencegah anak kecanduan gadget dengan cara berikut ini.


1. Menyiapkan jadwal rutin

Anak adalah sosok yang mudah untuk melakukan sebuah kebiasaan. Maka, orangtua harus menghentikan kebiasaan anak dengan kebiasaan baru.

Meskipun membutuhkan waktu, kondisi ini akan membantu si kecil tidak ketergantungan pada perangkat elektronik. Misalnya setelah selesai sarapan, biasakan meluangkan waktu untuk bermain di luar ruangan.

Kebiasaan rutin ini akan membuatnya terbiasa melakukan aktivitas fisik dibanding melihat gadget saja.


2. Jangan fokus pada kegiatan olahraga saja

Melakukan kegiatan fisik tidak hanya seputar olahraga. Jika Anda terlalu memaksa si kecil melakukan olahraga, ini justru akan membuat si kecil menganggap olahraga jadi tugas yang membebani mereka.

Anda bisa melakukan kegiatan sederhana di luar rumah dua hingga tiga kali sehari. Saat keluar rumah dorong si kecil untuk berjalan, melompat, bermain bola, naik sepeda dan aneka kegiatan fisik lainnya.


3. Memberinya pilihan

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X