Kompas.com - 09/12/2016, 09:05 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Menangis adalah reaksi yang wajar ketika seseorang sedang merasa sedih. Bahkan, kebahagiaan juga bisa membuat seseorang meneteskan air mata.

Air mata yang menetes berasal dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Tak hanya untuk meluapkan emosi, menangis pun ternyata dapat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut lima manfaat menangis seperti dikutip dari Boldsky.com

1. Meredakan stres

Kondisi stres bisa membuat seseorang menangis. Tapi, menurut sejumlah penelitian, menangis itulah yang pada akhirnya membantu meredakan stres hingga depresi.

Menangis sekaligus melepaskan emosi negatif yang selama ini dirasakan atau hanya dipendam dalam hatk. Setelah menangis, perasaan biasanya akan menjadi lebih lega.

2. Membuang racun tubuh

Saat stres, muncul zat bersifat racun yang meningkatkan hormon kortisol. Dengan menangis, racun-racun dalam tubuh pun ikut dikeluarkan melalui tetesan air mata. Tubuh akan terasa menjadi lebih baik setelah menangis.

3. Membunuh bakteri

Dalam penelitian yang pernah dilakukan, air mata mengandung enzim yang disebut lisozim. Lisozim diketahui memiliki sifat antibakteri sehingga memungkinkan untuk membunuh bakteri secara alami

4. Mencegah mata kering

Menangis justru dapat mencegah mata, keemerahan, hingga iritasi. Air mata akan melumasi bola mata sehingga tetap lemvab. Namun, bukan berarti harus terus menangis.

5. Meningkatkan suasana hati

Perasaan lega setelah menangis artinya telah membuang emosi negatif dan mendapatkan energi positif kembali.

Setelah menangis, suasana hati pun menjadi lebih baik dan meningkatkan endorfin atau hormon bahagia di otak.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X