Biasakan Cuci Alpukat Sebelum Dimakan

Kompas.com - 17/03/2017, 09:05 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com- Kebanyakan orang tak mencuci alpukat sebelum mengonsumsinya. Padahal, bisa berisiko keracunan makanan akibat bakteri dan pestisida.

Anda mungkin tidak berpikir bahwa buah dengan kulit keras perlu untuk dicuci, tapi kini Anda perlu melakukannya. Apalagi jika alpukat untuk dikonsumsi anak-anak.

Alpukat memang memiliki kulit tebal dan keras. Bahan kimia berbahaya seperti pestisida umumnya tidak akan menembus ke permukaan daging buah.

Sayangnya, kulit alpukat yang bergelombang dapat membuat pestisida dan bakteri terperangkap. Sehingga saat Anda memotong dengan pisau tanpa dicuci terlebih dahulu, pisau dapat menarik unsur-unsur berbahaya tadi ke dalam daging buah.

Institut Pertanian dan Sumber Daya Alam di Universitas Nebraska-Lincoln, dalam panduan untuk mengupas dan memotong alpukat, merekomendasikan untuk mencuci alpukat secara menyeluruh sebelum dipotong.

Mencuci buah alpukat sangat sederhana. Cukup gunakan air dingin atau hangat dan gosok permukaan kulit buah dengan spons lembut. Dan tentu saja, selalu mencuci tangan sebelum Anda memotong dan mengolahnya.

Dan jika Anda ingin menyimpan alpukat segar yang telah dipotong, simpanlah dalam wadah tertutup bersama irisan bawang agar daging buah tetap segar dan tak menghitam.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber dr oz
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X