Bahayanya Jika Anak Terlalu Banyak PR dari Sekolah

Kompas.com - 20/03/2017, 11:15 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sebagian anak bisa bebas bermain sepulang sekolah karena guru tidak memberikan PR, atau guru memberikan PR tapi tidak terlalu banyak.

Sebagian anak sisanya, ada yang tetap sibuk walau sudah sampai di rumah, karena memiliki pekerjaan rumah yang sangat banyak. Berbahayakah pekerjaan rumah terlalu banyak bagi anak-anak? Dan bagaimana idealnya?

Rekomendasi oleh Asosiasi Pendidikan Nasional di AS mengatakan, bahwa anak kelas satu sekolah dasar, sebaiknya hanya 10 menit mengerjakan pekerjaan rumah, anak di kelas dua selama 20 menit dan seterusnya.

Pekerjaan rumah yang terlalu banyak dapat menyakiti kesehatan anak dengan cara seperti di bawah ini:

1. Pekerjaan rumah bisa memengaruhi berat badan

Ketika anak-anak pulang, lalu menghabiskan sebagian besar waktunya di meja belajar, kira-kira apa yang tidak bisa mereka lakukan? Menjadi aktif secara fisik.

Sebuah studi juga menemukan, anak-anak yang menghabiskan waktu 30 menit atau lebih untuk menuntaskan pekerjaan rumah setiap malam, memiliki tingkat stres yang tinggi. Anak yang stres, cenderung menjadi gemuk.

Selama ini, kita tahu bahwa hormon yang dilepaskan tubuh ketika seseorang stres atau kurang tidur, dapat memicu nafsu makan berlebihan.

Aktivitas fisik yang kurang semakin menambah rumit keadaan, membuat risiko obesitas semakin tinggi.

2. Pekerjaan rumah dapat menyebabkan masalah fisik

Kesehatan mental dan fisik adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Studi yang dilakukan oleh Stanford University menemukan bahwa pekerjaan rumah yang berlebihan pada remaja (kadang-kadang lebih dari tiga jam sehari), selain memicu stres, juga bisa menyebabkan anak kurang tidur.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Healthline
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X