Kompas.com - 09/04/2017, 19:05 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Hampir tiga dari empat orang di masa modern ini kelebihan lemak, demikian menurut sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers of Public Health.

Beberapa individu yang kelebihan berat badan beralih ke obat-obat pelangsing di pasaran. Seringkali, suplemen ini menjanjikan dapat meningkatkan metabolisme, menyeimbangkan komposisi tubuh, meningkatkan perasaan kenyang atau menekan nafsu makan.

Selain kurang bukti ilmiah mengenai hal itu, ada banyak tanda tanya lainnya terkait klaim obat-obatan pelangsing tersebut. Sebaiknya, Anda tidak begitu saja percaya pada obat pelangsing yang menjanjikan:

Penurunan berat badan tanpa diet

Produsen obat pelangsing akan senang jika Anda percaya bahwa hanya menelan pil, ramuan, atau menggosok losion tertentu, lemak akan langsung meleleh dari tubuh Anda.

Sayangnya, hasil langsing permanen membutuhkan usaha lebih dari itu. "Selama 20 tahun saya praktik, tidak ada ramuan atau pil apapun yang bisa lebih kuat dari makanan yang masuk ke mulut Anda,” kata dokter diet dan gizi ChrisbMohr, Phd, RD.

“Artinya, yang harus Anda lakukan jika ingin langsing adalah mengatur pola makan agar kalori yang masuk lebih sedikit dari yang keluar secara bertahap," imbuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anda tak perlu olahraga

Terlalu banyak obat pelangsing menjanjikan hasil tanpa latihan. Itu sama seperti produk yang menjanjikan hasil tanpa Anda perlu berdiet.

Menurunkan berat badan tanpa diet atau olahraga adalah janji yang tidak berdasar atau tidak didukung penelitian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.