Perhatian Ayah ke Anak Perempuan Lebih Besar Ketimbang Anak Laki-laki

Kompas.com - 27/05/2017, 09:12 WIB
Pemain Wales, Gareth Bale, menggendong anak perempuannya, Alba Violet, usai laga kontra Irlandia Utara di Paris, pada 25 Juni 2016. DAMIEN MEYER/AFPPemain Wales, Gareth Bale, menggendong anak perempuannya, Alba Violet, usai laga kontra Irlandia Utara di Paris, pada 25 Juni 2016.
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Setiap orang tua selalu berusaha untuk terlihat adil dalam memberikan perhatian kepada anak-anaknya. Namun, hasil studi Emory University yang dilakukan oleh Jennifer Mascaro mendapati bahwa seorang ayah cenderung memberikan perhatian lebih ke anak perempuannya.

"Kami telah melakukan studi menggunakan pemindai otak (MRI) untuk memeriksa apakah perlakuan orang tua berbeda kepada anak laki-laki dan anak perempuannya," kata Mascaro seperti dilansir dari laman Fatherly.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Behavioral Neuroscience, American Psychological Association ini dilakukan terhadap 52 ayah dengan komposisi 30 ayah dengan anak perempuan dan 22 ayah dengan anak laki-laki.

Setiap ayah dipasangi sebuah alat perekam di bagian ikat pinggangnya selama satu minggu. Adapun tujuan pemasangan alat tersebut untuk mengetahui komunikasi keseharian yang terjadi antara seorang ayah dengan anaknya yang berusia sekitar dua tahun.

Selama satu minggu alat pendeteksi dipasang, para peneliti menemukan bahwa para ayah lebih cenderung menggunakan bahasa dan tutur kata yang lembut kepada anak perempuannya, sementara kepada anak laki-lakinya lebih banyak memakai kata-kata yang bersifat tegas, tersusun dan berstruktur.

"Ini adalah perbedaan yang sangat terasa dan saya pikir temuan ini menarik karena bila kita menanyai seorang ayah soal interaksinya dengan anak, mereka akan menjawab bahwa tidak ada perbedaan atau setidaknya itulah yang mereka rasakan," tutur Mascaro.

Selain dari tutur kata, dilakukan juga metode scan reaksi otak saat seorang ayah menatap foto anak perempuan dan anak laki-lakinya. Umumnya otak seorang ayah akan bereaksi lebih kuat saat memandang foto anak perempuannya. Namun, ketika memandang foto anak laki-lakinya reaksi itu lebih netral.

"Tampaknya ini adalah gambaran kompleks di mana ayah berinteraksi secara berbeda dengan anak laki-laki dan perempuan," katanya.

Meski begitu, menurut Mascaro, ini bukan berarti seorang ayah lebih memilih anak perempuan ketimbang anak lelaki. Perilaku interaksi itu sesuatu yang lebih kompleks dan terkait dengan gender bagaimana seseorang memperlakukan perempuan dan laki-laki.

Baca: Ayah, Jangan Lakukan 5 Hal Ini pada Anak



Sumber Fatherly
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X