Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 09/02/2023, 10:08 WIB
Wisnubrata

Penulis

KOMPAS.com - Tersenyumlah, dan dunia akan ikut tersenyum. Kalimat ini ternyata bukan omong kosong. Pernahkah Anda bertemu muka dengan seseorang, lalu dia tersenyum, dan tanpa disadari Anda ikut tersenyum?

Hal seperti itu ternyata terjadi di seluruh belahan dunia. Entah apa alasan dan sebabnya, jika kita diberi senyuman, kita secara otomatis akan membalasnya.

Nah pada Hari Senyum Internasional yang jatuh pada Jumat pertama tiap Oktober, para ilmuwan mengungkap alasannya. Ini akan menjawab pertanyaan: benarkah senyuman itu menular?

Menurut study yang dipublikasikan di journal Trends in Cognitive Sciences, jawabannya barangkali iya, senyum bisa menular. Dalam bagian risetnya, psikolog Paula Niedenthal dan Adrienne Wood mencari tahu mengapa kita sering menirukan ekspresi wajah seseorang yang berbicara kepada kita.

Menariknya, salah satu kesimpulan yang didapat adalah bahwa kita cenderung memasang raut yang sama saat berkomunikasi dengan orang lain.

Contohnya, saat seorang teman menyampaikan kabar baik dengan wajah gembira, kita secara tak sadar akan menunjukkan emosi yang sama lewat ekspresi wajah. Dengan begitu, kita akan lebih bisa merasakan emosinya.

“Melalui ekspresi yang sama, kita akan bisa memberi penilaian lebih baik terhadap apa yang disampaikan seseorang,” jelas Niedenthal. “Reaksi yang muncul dari emosi itu memberi persepsi atau frekuensi yang sama, sehingga kita lebih memahami konteksnya.”

Jadi, alasan kita membalas senyuman orang lain adalah bahwa kita berusaha merasakan hal yang dirasakan orang lain. Dengan ekspresi sosial sederhana ini, manusia bisa menjalin komunikasi dan pengertian lebih mendalam dengan orang lain di sekitarnya.

Baca juga: 7 Alasan untuk Lebih Banyak Tersenyum dan Tertawa

Meski demikian, tidak semua orang secara otomatis akan membalas sebuah senyuman. Dalam penelitian, para psikolog mencatat bahwa orang-orang dengan kelainan saraf tertentu mungkin tidak bisa membalas senyuman atau tidak bisa secara akurat menirukan ekspresi orang lain. Meski bisa menyadari seseorang tersenyum padanya, namun mereka tidak selalu bisa membalasnya.

“Ada beberapa gejala yang ditemui pada pengidap autisme di mana seseorang tidak bisa meniru ekspresi karena kurangnya kontak mata atau karena ketidakmampuan memahami ekspresi,” lanjut Niedenthal.

Meski demikian, pada kebanyakan orang, ekspresi wajah menjadi bagian dalam komunikasi manusia. Ekspresi bisa membantu kita membangun hubungan dengan orang lain, dan itu adalah sesuatu yang alami. Jadi apakah senyum itu menular? Jawabannya: ya.

Baca juga: Sudah Tersenyum Hari Ini? Ketahui 9 Manfaat Senyum agar Lebih Bahagia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com