Kompas.com - 07/12/2017, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Seks seharusnya menyenangkan, bukan? Tapi untuk sebagian orang, aktivitas ini juga bisa menimbulkan efek samping tak menyenangkan seperti sakit kepala.

Ini memang gejala yang tidak umum. Tapi, sekitar satu persen orang mengalami pusing saat berhubungan seks, dan sekitar tiga perempat di antaranya adalah pria, kata Michael Reitano, M.D., seorang dokter yang bermukim di Roma.

Ada tiga jenis sakit kepala yang terjadi saat berhubungan seksual. Tipe yang pertama adalah yang ringan dan biasanya terjadi saat baru mulai bercinta.

Menurut Reitano, sakit kepala jenis ini juga menyebabkan rasa sakit yang mempengaruhi leher. Walau tidak berbahaya, tapi cukup mengganggu.

"Beberapa orang merasa bahwa analgesik seperti ibuprofen bisa menyembuhkannya. Namun, ada juga yang memerlukan obat resep," tambahnya.

Jenis sakit kepala kedua karena seks disebut "thunderclap" atau sakit kepala tiba-tiba. Sakit kepala jenis ini terjadi saat orgasme dan kadang-kadang bisa berlanjut selama beberapa jam sesudahnya.

"Sakit kepala jenis ini biasanya jauh lebih menyakitkan dari jenis pertama dan memerlukan perawatan medis segera," kata Reitano.

Meski jarang, tapi nyeri kepala mendadak itu bisa menandakan kondisi serius seperti pendarahan otak atau stroke. Jenis sakit kepala ini dapat diobati dengan obat yang sama dengan jenis pertama.

"Setengah dari mereka yang menderita sakit kepala thunderclap juga mengalaminya saat berolahraga," tambahnya.

Pemicunya bisa jadi akibat kenaikan tekanan darah yang dipicu aktivitas fisik.  "Adrenalin yang dilepaskan saat bercinta mungkin meningkatkan tekanan di otak Anda. Kontraksi otot di leher juga bisa menjadi pemicu sakit kepala," ucap Bindiya Gandhi, M.D, pakar fisika medis.

(Baca juga :Seks, Kunci Tidur yang Lebih Nyenyak)

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.