Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Pomade? Simak Tips Ini Agar Rambut Tak Rusak

Kompas.com - 11/01/2018, 06:18 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada yang bilang rambut pria kini mudah rontok hingga beruban karena pemakaian pomade atau produk sejenis lainnya.
 
Produk-produk perawatan rambut itu disebut mengandung bahan kimia sehingga membuat rambut rentan rusak. 
 
Di sisi lain, produk perawatan semacam itu banyak dicari dan diperlukan untuk mendukung penampilan. Kalau begitu, bagaimana caranya agar penampilan tetap keren, tapi rambut tak rusak?
 
Galih Andrianto, product development hair category Gatsby, mengatakan pada prinsipnya segala sesuatu yang dipakai berlebih akan berdampak buruk. 
 
Oleh karena itu, pastikan tidak berlebihan dalam pemakaian pomade atau produk perawatan rambut lain.
 
Dia mencontohkan, cukup mengambil pomade sebanyak dua ujung jari, kemudian diratakan ke telapak tangan sebelum digunakan untuk menata rambut.
 
"Dua jari itu cukup, karena kalau kebanyakan akan sia-sia, apalagi kalau terkena air saat siang hari, formulanya kan turun, jadi harus pakai lagi," kata Galih kepada Kompas Lifestyle dalam konferensi pers kolaborasi Gatsby dan Kaskus dalam Gatsby Pomadic Party, Jakarta, Rabu (10/1/2018).
 
Pemakaian dengan jumlah banyak, apalagi dengan jeda pendek justru akan merusak rambut dan bagian lain, seperti kulit kepala yang kering.
 
Pastikan juga untuk membilas rambut yang menggunakan pomade atau sejenisnya sebelum tidur. 
 
Sebenarnya, kerusakan rambut dan beruban lebih cepat bisa disebabkan banyak hal lain, seperti keturunan, stres hingga kekurangan protein.
 
Karena itu, selain melakukan perawatan fisik rambut, pastikan untuk menjaga asupan makanan dan pikiran agar rambut tetap sehat.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com