Kompas.com - 06/03/2018, 10:32 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Bayam merupakan sayuran yang murah, mudah didapat, dan mengandung kadar nutrisi yang tinggi. Namun, ketahui cara memasak yang tepat agar nutrisinya tidak berkurang.

Biasanya kita memasak bayam dengan merebusnya, baik untuk dibuat sayur bening atau campuran pecel. Bukan cuma membuat teksturnya jadi lembek, tapi cara memasak ini juga sebenarnya merugikan.

"Merebus sayuran bisa menyebabkan vitamin yang larut dalam air jadi hilang. Jadi kadar vitamin C dan folatnya akan berkurang," kata ahli gizi Samara Abbot.

Walau demikian, jika dikonsumsi mentah, kadar kalsium di dalam bayam tidak bisa terserap maksimal karena sayuran ini sebelum dimasak mengandung asam oxalic yang dapat menghambat penyerapan kalsium.

"Dengan kata lain, kalau kita makan mentah, kita bisa dapat vitamin C dan folat, tapi tidak kalsiumnya," ujar Abbot.

Cara paling tepat untuk mengolah bayam, adalah dengan mengukus atau memasak dalam waktu singkat di microwave.

"Kita juga bisa menumisnya sebentar dengan minyak zaitun dan sedikit bawang putih. Bisa juga dibuat dalam campuran omelet," saran Jessica Cording, ahli gizi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.