37 Tahun Tak terbaca, Teks Kuno Ini Ternyata Berisi Mantra Cinta

Kompas.com - 26/09/2018, 10:44 WIB
Teks kuno ditulis dengan menggunakan bahasa Koptik dan dihiasi dengan dua mahluk mirip burung live scienceTeks kuno ditulis dengan menggunakan bahasa Koptik dan dihiasi dengan dua mahluk mirip burung

SYDNEY, KOMPAS.com - Para peneliti melaporkan bahwa mereka telah berhasil membaca sebuah teks kuno misterius yang ditulis dalam bahasa Mesir. Teks kuno yang ditemukan pada 1981 tersebut telah membingungkan para peneliti sejak penemuannya.

Selama ini, tidak ada yang bisa membaca teks yang ditemukan terselip di antara ratusan koleksi papirus di Macquarie University di Australia itu.

Hingga akhirnya dua peneliti dari Australia berhasil menerjemahkan teks yang diperkirakan berusia 1.300 tahun tersebut. Hasilnya ternyata diluar dugaan.

Teks kuno tersebut bukanlah sekedar teks biasa melainkan teks mantra yang mungkin merupakan buku panduan penyihir.

Baca juga: Papirus Mesir Kuno Ungkap Praktik Medis Ribuan Tahun Lalu

Peneliti yang berhasil membaca teks kuno itu adalah Dr Malcolm Choat, direktur Pusat Penelitian Kebudayaan Kuno Macquarie University dan Lain Gardner, profesor agama di University of Sydney.

Mereka menemukan, teks tersebut berisi instruksi ritual dan 27 mantra yang dimaksudkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit atau untuk membawa kesuksesan dalam cinta dan bisnis.

Bahasa yang digunakan dalam teks tersebut adalah bahasa Mesir yang disebut Koptik. Bahasa ini menunjukkan jika teks tersebut kemungkinan berasal dari Mesir Hulu, mungkin dekat Hermopolis, sebuah kota kuno yang terletak di dekat Sungai Nil.

Bukan hanya itu saja yang menarik. Teks tersebut juga dilengkapi dengan gambar yang cukup mencolok.

"Fitur yang paling mencolok dari papirus itu adalah citra atau gambarnya," tulis Korshi Dosoo, dosen di University of Strasbourg di Perancis yang menerbitkan terjemahan teks tersebut dalam Journal of Coptic Studies dikutip dari Live Science, Senin (24/09/2018).

Dalam teks terdapat gambar 2 mahluk bersayap mirip burung. Pada sisi kiri mahluk tersebut tampak menusukkan paruhnya ke mahluk yang ada di sebelah kanannya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X