Kapan Waktu yang Tepat Kembali Berkencan Setelah Putus Cinta? - Kompas.com

Kapan Waktu yang Tepat Kembali Berkencan Setelah Putus Cinta?

Kompas.com - 05/12/2018, 09:33 WIB
.Thinkstockphotos .

KOMPAS.com - Putus cinta bukanlah hal mudah bagi banyak orang. Terkadang, hal itu juga membuat mereka sulit mulai berkencan lagi dengan orang baru.

Salah satu alasan terbesarnya bisa jadi karena tidak ada jalan yang "benar" untuk menghadapi masalah ini.

Berkencan dan menyembuhkan diri dari putus cinta sangatlah subjektif dan bersifat personal. Sehingga tidak ada formula atau aturan rigid yang bisa cocok bagi semua orang.

Namun, jika kamu baru saja mengalaminya, ada beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan.

Pakar hubungan dari New York, AS, Susan Winter, serta psikolog dan penulis Dating From The Inside Out, Dr. Paulette Sherman mengungkapkan pandangannya.

1. Tidak ada waktu spesifik

Secara spesifik, tak ada waktu yang disebut siap untuk memulai berkencan kembali.

Baca juga: Rambut Rontok Hingga Putus Cinta, Kenyataan yang Bakal Dialami Pria

Winter menyebut, hal terbaik adalah membiarkan dirimu siap melupakan sang mantan.

"Jika kamu masih merasa sakit, obsesi dengan mantan atau tersiksa dengan hal-hal yang bersifat emosional, berarti kamu belum siap untuk kembali berkencan," kata Winter.

Menurut dia, kamu harus menerima terlebih dahulu fakta bahwa mantan kekasihmu menjadi "mantan" karena adanya alasan-alasan baik tertentu.

2. Merasa kuat

Meburut Sherman, penting untuk membuat dirimu merasa kuat terlebih dahulu, sebelum memulai dengan orang baru.

"Hingga dirimu punya percaya diri kembali, bukalah hatimu dan siaplah menghadapi kerapuhan dengan orang baru," kata dia.

Mungkin memang mustahil untuk 100 persen melupakan kenangan bersama mantan.

Baca juga: Ingin Kembali ke Pelukan Mantan? Apa yang Perlu Ditimbang?

Namun, menurut Sherman, seseorang yang siap untuk kembali berkencan dan memulai hubungan baru tahu bagaimana berpikir kritis tentang hubungan yang sudah berakhir.

Mereka mempelajari kesalahan pada hubungan yang sudah berlalu, dan melihatnya sebagai pijakan untuk lebih bijak dalam menjalani hubungan baru.

3. Mencari kekasih baru

Kamu bisa dikatakan sudah "move on" ketika sudah mulai mencari kekasih baru.

"Ketika kamu sudah mulai semangat dengan kemungkinan-kemungkinan adanya hubungan baru dan senang bertemu orang baru, maka kamu sudah siap," kata Winter.

Jangan lupa, ada perbedaan antara semangat bertemu orang baru dan hanya ingin pergi dengan seseorang karena untuk melupakan mantanmu.

"Jika kamu masih bersikap reaktif, penuh ketakutan, merasa tersakiti, dan perasaan berubah-ubah menghadapi sakit hati, maka kamu belum siap untuk orang baru di hidupmu," ujar Winter.

Meskipun kamu sudah putus cinta dalam waktu yang lama, ada hal-hal yang menjadi tanda bahwa kamu belum siap berkencan dengan orang baru.

Baca juga: Pentingnya Merayakan Momen Istimewa Bersama Kekasih

Misalnya, masih sering melihat media sosial mantan, masih menyimpan foto dan barang-barang dari mantan, atau masih berhubungan dengan mereka.

"Kamu juga belum siap untuk kembali berkencan jika masih melakukannya untuk membuat mantan kekasihmu cemburu," kata Sherman.

Berapa lama kamu bisa melupakan sang mantan bergantung pada banyak faktor. Termasuk, seberapa serius dan berapa lama hubungan tersebut terjalin.

Atau, seberapa buruk proses putus cinta itu berlangsung dan bagaimana kamu memprosesnya.

Beberapa orang bisa kembali berkencan satu bulan setelah putus cinta, namun yang lainnya bisa saja mengambil waktu lebih lama seperti tiga bulan atau lebih.

Baca juga: Putus Cinta juga Pengaruhi Hubungan Pertemanan...

Kendati begitu, kamu tidak perlu mematok batas waktu tertentu. Berilah dirimu waktu untuk mengevaluasi emosi dan memastikan kamu tidak justru menyakiti orang lain.

"Pengalaman putus cinta berbeda bagi setiap orang."

"Ada yang merasa jatuh karenanya, namum ada yang bisa melaluinya hanya dalam waktu beberapa hari atau minggu," kata Winter lagi.

"Memproses masa lalu adalah resep terbaik untuk sukses dan mendapatkan hubungan yang bahagia di masa depan."



Close Ads X