Kompas.com - 05/03/2019, 12:20 WIB

KOMPAS.com - Aktor Luke Perry meninggal di usia 52 tahun pada hari Senin (4/3/2019) karena penyakit stroke berat.

Aktor yang membintangi serial "Riverdale" ini sempat mengalami koma dan mendapat perawatan medis, namun nyawanya tak tertolong.

Penyakit stroke memang penyakit yang butuh penanganan darurat di rumah sakit. Penyakit ini terjadi karena aliran darah tersumbat sehingga sel-sel otak yang kekurangan oksigen mulai mati.

Tergantung pada bagian otak mana yang terdampak, jika pasien bisa diselamatkan seringkali akan terjadi gangguan fungsi tubuh, termasuk fungsi bicara, motorik kasar, hingga kemampuan berpikir.

Tanda stroke pada pria

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, gejala awal stroke dapat meliputi hal-hal berikut ini.

  • Mati rasa di wajah, lengan, atau kaki (terutama di satu sisi tubuh)
  • Kebingungan
  • Kesulitan melihat
  • Kesulitan berjalan
  • Sakit kepala parah

Baca juga: Hidup Sehat untuk Mencegah Stroke, Belajar dari Kasus Luke Perry

Penyebab stroke

Ada kesalahpahaman umum bahwa stroke hanya terjadi pada orang tua. Risiko stroke memang meningkat seiring bertambahnya usia. Namun, stroke dapat terjadi pada usia berapa pun.

Pada wanita, stroke biasanya dialami setelah memasuki menopause. Pada pria usia yang lebih muda, seperti Perry, penyebabnya bisa karena tekanan darah tinggi yang tidak dikontrol, diabetes yang tidak dikontrol dan obesitas, yang merupakan faktor lain yang meningkatkan risiko stroke.

Cara mencegah stroke

Beberapa faktor risiko stroke memang tidak dapat dikendalikan, seperti faktor penuaan atau kondisi pembuluh darah sejak lahir. Namun, National Stroke Association mencatat sekitar 80 persen stroke dapat dicegah.

Terapkan pola makan sehat dan olahraga untuk membantu mengurangi risiko. Kita juga harus menghindari rokok serta alkohol.

Periksakan kesehan (medical check up) secara teratur untuk mengetahui kondisi fisik dan deteksi dini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.